84 Mahasiswa Paniai di Jayapura Dibekali Carut Marut Pendidikan

1 Bulan yang lalu

PENDIDIKAN

ADMIN


JAYAPURA, KABAR MAPEGAA.com – Sedikitnya 84 mahasiswa Paniai mendapatkan materi tentang permasalahan pendidikan di kabupaten paniai yang dilihat terjadi pasang surut pendidikan tak berjalan dengan baik.

 

Kegiatan itu dilakukan di Asrama Kabupaten Paniai, Perumnas III, Waena Jayapura, Papua, Sabtu, (01/07/17) dari Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Paniai Sekota Study Jayapura yang digelar dalam bentuk seminar sehari berthemakan “Quovadis Pendidikan Paniai”.

 

Di dalam kegiatan itu dihadiri, para senior FKM KP, Intelektual, simpatisan dan mahasiswa/I Paniai yang berasal dari tujuh ikatan kabupaten Paniai kurang lebih 84 orang. Juga menghadirkan para pemateri seperti Agustinus Kadepa, S.Pd yang juga sebagai penanggungjawab Gerakan Papua Mengajar (GPM) Papua.

 

Bendahara, Pengurus FKM KP Sekota study Jayapura, Aquino Youw menuturkan, kegiatan yang digelar ini bertujuan untuk mengetahui carut marut pendidikan yang selama ini berjalan di kabupaten Paniai, mulai dari proses pembiayaan mahasiswa/I di bidang pendidikan dan kesehatan.

 

“Masalah yang selama ini terjadi di kabupaten Paniai ialah pendidikan dan kesehatan, makanya dibuat kegiatan seminar untuk diketahui berapa persen pembiayaan pendidikan dan kesehatan. Tetapi juga ingin membenahi pendidikan yang  ada di Paniai,”Kata Youw, Kepada kabarmapegaa.com.

 

Kata dia, selain para mahasiswa/i Paniai mengikuti kegiatan seminar sebagai bentuk menambah bekal pengetahuan, tetapi  juga sedang dilakukan pengumpulan data tentang permasalahan pendidikan dan kesehatan di Paniai untuk dibawah materi dalam bentuk seminar yang direncanakan di kabupaten paniai pada bulan Juli ini.

 

“Kami akan melakukan kegiatan lanjutan di kabupaten Paniai, mengundang bupati Paniai hingga pemerintah kabupten paniai untuk membawa materi  dan mengupas permasalahan daerah paniai, yakni pendidikan dan kesehatan,”kata Youw yang juga sekertaris Asrama Mahasiswa Katolik Tauboria ini.

 

Youw berharap kepada pemerintah Paniai agar mendukung kegiatan yang dilakukan FKM KP ini dan dapat memberikan solusi demi membenahi permasalahan pendidikan dan kesehatan di Paniai.

 

Ia juga  berharapa kepada mahasiswa yang mengikuti seminar bahwa perlu fokus mendengarkan, mencermati, menanggapi lalu memberikan solusi demi membenahi pendidikan dan kesehatan di paniai.

 

Sala satu peserta kegiatan seminar sehari, Otniel Bunai menuturkan kegiatan yang diselenggarakan ini sangat baik dan bagi dirinya mendukung perkembangan intelektual.

 

“Saya sangat tertarik dengan materi yang dibawakan tentang permasalahan di paniai oleh kakak senior Agustinus Kadepa, S.Pd,”katanya.

 

Mahasiswa Uncen ini berharap, semoga dengan kegiatan yang diselenggarakan ini pemerintah dapat mengetahui dan mengambil langkah bijak demi membenahi pendidikan dan kesahatan.

 

Pewarta    : Alexander Gobai

Foto Kabar Peristiwa