Bangunan Kios Menyempit Ruas Jalan, Akivitas Pasar Sentral Ekamaida Dogiyai Menurun

Cinque Terre
Alexander Gobai

4 Bulan yang lalu
EKONOMI DAN BISNIS

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

Dogiyai (KM)-  Jalan Trans yang menghubungkan empat Kabupaten di wilayah Meepago, Nabire, Dogiyai, Deiyai dan Paniai dipadati bangunan-bangunan kios  yang menyebabkan penyempitan ruas jalan tepatnya di depan pasar Sentral kampung Ekemanida,  distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai, Papua.

 

Melihat kondisi ini, Ketua Pasar Sentral Ekemanida,  Dorkas Agapa mengatakan, aktivitas jual-beli di pasar Sentral Ekamaida menurun dratis akibat adanya bagunan Kios-kios yang berbanjaran depan pasar.

 

“segala yang mengganggu  jalan trans Nabire-Dogiyai, Deiyai dan Paniai  adalah bangunan kios yang dibangun dekat luas jalan. Kios-kios itu yang mempersempit ruas jalan  umum, jadi Pemda Dogiyai bisa menangani hal ini,” pintanya kepada awak media ini saat diwawancara , Jumat (26/1/2018) belum lama ini.

 

 Dorkas mengaku kecewa karena dengan adanya kios-kios tersebut mengalangi jalr masuk pasar sentral sehingga  menghalangi pembeli  yang datang belanja hasil bumi dari warga Dogiyai.

 

Dilain tempat, Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa, S.Ip juga mengatakan keluhan masyarakat ini  akan himbaukan melalui  Dinas Perindakop Dogiyai agar secepatnya ditangai.

 

Seperti yang disampaikan Dorkas, Kata Bupati ruas jalan umum  ini  dipersempit karena adanya bangunan-bangun kios di sepanjang Jalan.

 

“Banyak kios-kios liar  yang persempit jalan trans Nabire-Dogiyai, sehingga hal ini akan segera tertipkan. Tidak hanya jalan umum Nabire- Dogiyai tetapi jalan raya yang menghubungkan antar distrik  pun segera tertibkan,” katanya.

 

Kata Buipati Dogiyai, yang akan menjadi target utama adalah kios-kios di depan Pasar Sentral, sepanjang jalan  Trans Nabire-Dogiyai KM 200  sampai di kampung Mauwa.

 

"Saat ini depan pasar sentral di Ekemanida masih ada bangunan yang sudah mulai melebar dan menjorok ke jalan, jadi hal itu akan ditertibkan," kata Bupati.

 

Lanjut Bupati Dogiyai,  mengenai penertiban kios pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Prindagkop dan  Satpol PP Dogiyai.

 

“Untuk tahap awal akan diberikan teguran, peringatan dan catatan  kepada pemilik  kios-kios,” kata Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa.

 

Pewarta: Yan Yuaiya Goo

Editor   : Manfred Kudiai/KM

Baca Juga, Artikel Terkait