Dampak Handphone Dan Internet Pada Masa Sekarang

5 Bulan yang lalu

OPINI

ADMIN


Oleh : Damianus Muyapa

 

Alat elektronikk adalah salah satu kebutuhan yang dapat di gunakan oleh manusia pada setiap saat. Alat Elektronik yang bisa memudahkan untuk bekerja terutama mengimformasikan sesuatu kepada orang lain dalam hidup. Apalagi jaman sekarang adalah jaman era globalisasi sehingga sesorang dapat menerima dan melakukan dengan menggunakan alat eletronik.

 

Kita dapat mempelajari alat eletronik dengan cara penggunaan yang baik. Alat elektrok yang di maksudkan tersebut bukan hanya menguntungkan bagi seseorang dalam hidup  tetapi ada kerugian bagi seseorang dalam hidup. keuntungan dan kerugian dalam menggunakan alat elektronik tersebut tergantung pengguna alat eletronik tersebut. Salah satunya adalah handphone dan internet. Pandangan penulis dampak keuntungan dan kerugian  handphone  dan internet sebagai berikut:

 

1. Keuntungan  Handphone

                    
Handphone adalah salah satu alat komunikasi yang canggih. Alat ini sangat membantu dalam kehidupan manusia, ketika kita memberitahukan isi hati kepada orang lain dengan handphone sangat mudah untuk memberitahukan saat itu. Kalau jaman dulu selalu kirim Surat, titip pesan sama orang lain yang mau berangkat ke tempat tujuan, atau pergi sendiri untuk menyampaikan sesuatu hal kepada yang bersangkutan.

 

2. Kerugian Handphone


Handphone ada sisi negatifnya atau kerugiannya adalah sebagai berikut: ada orang di telepon atau bell ketika kita melakukan sesuatu kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan lain sebagianya, ini bisa terganggu konsentrasi, akhirnya kegiatan tersebut tertunda bahkan tidak di selesaikannya.

 

Disini mengangkat sebuah cerita nyata tentang komunikasi dengan Handphone. Pada suatu hari, Ikatan Pelajar Mahasiswa Paniai - Nabire (IPMAPAN) Yogyakarta di adakan pertemuan tentang kegiatan natal sejawa-bali bersama seluruh mahasiswa/i Paniai-Nabire, pada saat itu ketua panitia natal sejawa-bali terganggu konsentrasi karena hpnya di kontak oleh orang lain, akhirnya pembicaraan dalam pertemuan  sudah tidak berjalan baik dan gagal pertemuan.

 

Ada pula kenyataan dalam hidup manusia terutama pemakaian handphone (HP) tidak di gunakan sesuai dengan manfaat yang sebenarnya, kenapa? Karena banyak orang biasa melakukan hal-hal yang negative seperti miscall, telepon kepada siapa saja yang tidak kenal identitasnya apa lagi telepon kepada istri atau suami orang lain.

 

Ada lagi bahwa ada nomor HP baru yang ada di dalam handphone dapat di telepon langsung kepada yang punya nomor handphone, apakah tujuan telepon itu mencari tahu identitas secara wajar atau dengan tujuan negative, anda berhati-hati…jangan tipu- menipu dalam berkomunikasi melalui Handphone (HP) jangan sampai orang yang kita telepon atau bell itu mempunyai hikmat, dan kemudian dia mengutus atau memberikan kutukan dalam hidup kita. Kita harus tahu bahwa handphone jangan di jadikan penghancuran bagi hidup manusia baik diri sendiri, keluarga, masyarakat, karena handphone (HP) adalah benda mati, dan kita yang memakai dan mengunakannya. Kita jangan di kendalikan oleh handphone tetapi kita yang mengendalikan Handphone. Jadi Hp bisa mendatangkan kesenjangan dalam hidup bagi orang asli papua.

 

2. Keuntungan dan Kerugian Internet


Internet adalah salah satu alat canggih dalam komunikasi. Alat ini sangat bermanfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia informasi. Kemanfaatan  dari internet di antaranya : Orang dapat menyampaikan  sesuatu pada saat itu. Pada hal sebelum ada link internet mau mengimformasikan isi hati melalui surat- menyurat, dan memberitahukan secara  bertatap muka (Face to face).      


        
Kita harus mengetahui bahwa link internet ada berita-berita yang sangat menghancurkan pikiran dan jiwa kepada manusia terutama gambar aneh-aneh seperti gambar porno, bisnis-bisnisan yang mencari kepentingan pribadi, dan lain sebagainya.  Disini hanya mengajak untuk menjahui hal-hal tersebut bukan mengajak untuk di batasi mengunakan dan mengakses internet.

 

Dengan demikian, alat eletronik harus di gunakan sesuai dengan fungsinya, jangan merugikan bagi seseorang dalam hidup karena alat eletronik bisa merugikan karakter  baik yang sudah di milikinya dalam diri pribadi.

 

*)Penulis adalah Praktisi  Pendidikan, Tinggal di Papua

Foto Kabar Peristiwa