Di Puskesmas Hedam, Angka Penderita ISPA Tertinggi

Cinque Terre
Alexander Gobai

2 Bulan yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com –  Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang masih banyak diderita masyarakat yang dating berobat di Puskesmas Hedam di  tahun 2017.

 

“Tingginya penderita ISPA disebabkan masih banyak masyarakat kurang perduli terhadap pola hidup sehat,” ungkap Kepala Puskesmas Hedam, dr. Isye D. A. Ayomi saat ditemu kabarmapegaa.com  di ruang kerjanya, pada (13/03) belum lama ini.

 

Meskipun masih cukup tinggi, dirinya bersyukur instansi puskesmas lainnya berhasil menekan kasus dengan melakukan pelayanan  di luar dengan memberikan pengobatan masal yang dilakukan tiap minggu 3 sampai 4 hari di sekitar kelurahan hedam.

 

“Tapi, masyarakat harus tetap mewaspadai kondisi cuaca saat ini, antara musim kemarau dan memasuki musim hujan,” jelasnya.

 

Menurutnya, hubungan antara status gizi dengan kejadian ISPA juga sangat erat. Untuk itu masyarakat diminta menjaga kesehatan dan asupan makanan yang dikonsumsi.

 

“Kebersihan lingkungan juga menjadi faktor utama timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk ISPA,” kata Ayomi.

 

Isye Ayomi, menambahkan, dari data yang tercatat terhitung dari Januari sampai Desember 2017 lalu, sebanyak 8000 warga terkena penyakit ISPA.

 

“Kami berharap masyarakat menjaga pola makannya, menjaga lingkungan Karena ISPA ini masih mendominasi penyakit yang ditangani rumah sakit dan Puskesmas,” katanya lagi.

 

Selain itu, kata dia, sementara penayik malaria di lima tahun lalu mendominasi  urutan lima, namun sekarang di urutan 3 dan 4 di keluarahan ini.

 

Ia menambahkan, di Tahun 2018, pihaknya mengangendakan lebih kepada meningkatkan akreditas Puskesmas guna meningkatkan pelayanan lagi kepada masyarakat.

 

Pewarta    : Alexander Gobai

 

 

#Budaya

Baca Juga, Artikel Terkait