Faktor-Faktor Globalisasi dan Dampaknya

1 Bulan yang lalu

TULISAN

ADMIN


Oleh : Pius Tenouye

 

Izinkanlah penulis, sebab saya ingin  membagi tentang suatu kumpulan pengertian globalisasi dalam bentuk artikel dengan hati yang  penuh keikhlasan, beberapa topik pembahasan utama yang saya hendak membahasa dalam artikel ini adalah sebagai berikut: Pengertian globalisasi, pengertian globalisasi secara umum, pengertian globalisasi menurut para ahli, pengertian  globalisasi menurut pakar Indonesia, pengertian globalisasi menurut pakar Internasional, pengertian globalisasi menurut Pius Tenouye,  factor-faktor globalisasi, dampak positif globalisasi dan dampak negative globalisasi. Semoga melalui artikel ini dapat menamba wawasan untuk kita sekalian, karena mengerti artikel ini dengan cerdas adalah tujuan kita bersama.

 

Kata Globalisasi berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization, yaitu gabungan dari kata global yang berarti mendunia dan lization yang berarti proses. Definisi globalisasi secara umum dan para ahli berbeda-beda, berikut ini penjelasan pengertian globalisasi, penyebab globalisasi, dan juga dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi atau Globalisasi ialah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang dalam menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan juga dengan media elektronik. Khususnya, globalisasi ini terbentuk disebabkan oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia. Ada pula yang mendefinisikan bahwa globalisasi ialah sebagai hilangnya batas ruang serta waktu akibat dari kemajuan teknologi informasi.

 

Pengertian Globalisasi Secara Umum

 

Definisi Globalisasi adalah suatu proses yang menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah, artinya setiap individu dapat terhubung dan saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui media elektronik maupun cetak. Pengertian globalisasi menurut bahasa yaitu suatu proses yang mendunia. Globalisasi dapat menjadikan suatu negara lebih kecil karena kemudahan komunikasi antarnegara dalam berbagai bidang seperti pertukaran informasi dan perdagangan.

 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

 

Menurut Selo Soemardjan – Pengertian Globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang berada di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

 

Menurut Edison A. Jamli dkk – Pengertian Globalisasi ialah sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan, yang kemudian ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain yang pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.

 

Menurut Emanuel Ritcher – Pengertian Globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat dimana mereka sebelumnya berpencar dan terisolasi yang nantinya akan saling memiliki ketergantungan dan mampu mewujudkan persatuan dunia.

 

Menurut John Huckle – Pengertian Globalisasi ialah suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun.

 

Menurut Laurence E. Rothenberg – Pengertian Globalisasi ialah percepatan dari intensifikasi integrasi dan interaksi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

 

Globalisasi merupakan suatu gejala terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi yang mengikuti sistem nilai kaidah yang sama antara masyarakat diseluruh dunia karena adanya kemajuan transportasi dan komunikasi sehingga memperlancar interaksi antarwarga dunia.

 

Kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi akan mempercepat proses golbalisasi. Dalam bidang komunikasi, telah tercipta berbagai jenis alat komunikasi yang mendukung dan memperlancar dalam berkomunikasi tanpa terhalang batas waktu dan jarak.

 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli atau Pakar

 

Menurut Para Pakar Internasional

  1. Laurence E. Rothernberg mengatakan globalisasi ialah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda. 

  2. Anthony Giddens mengatakan bahwa globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya. 

  3. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan mengatakan lobalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

  4. Emanuel Ritcher mengatakan globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. 

  5. Martin Albrow mengatakan globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global. 

  6. Malcom Waters mengatakan globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.

 

Smith dan Baylis (2001:7) mendefinisikan globalisasi sebagai proses meningkatnya keterkaitan antar masyarakat seperti peristiwa-peristiwa yang terjadi di satu belahan dunia juga akan mempengaruhi belahan dunia lainnya. Setiap anggota masyarakat akan semakin terpengaruh dengan peristiwa yang terjadi dengan masyarakat lain. Peristiwa-peristiwa yang dimaksud dibagi menjadi tiga tipe, yaitu sosial, ekonomi, dan politik. Hal tersebut bisa terjadi karena masyarakat semakin memiliki ketergantungan dengan masyarakat lain dalam bidang politik, ekonomi, budaya, dan sosial. Karena itu, pandangan masyarakat akan dunia seakan-akan menjadikan dunia mengecil karena antar masyarakat sudah tidak lagi merasakan keasingan.

 

Menurut Pius Tenouye (2017), mengatakan bahwa globalisasi adalah bagaimana cara berinteraksi dengan masyarakat internasional dalam konteks meningkatkan hubungan antar negara agar nantinya  Negara akan tercipta untuk meningkatkan dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan selera negaranya sendiri.

 

Menurut Jan Aart Scholte dalam Jurnal Efan, Setiadai  terdapat 5 konsep untuk mendefinisikan globalisasi.

  1. Globalisasi sebagai Internasionalisasi, yaitu dengan globalisasi dapat meningkatkan hubungan internasional. Ketergantungan diantara negara akan semakin meningkat sehingga akan tercipta hubungan yang intens antarnegara untuk memenuhi kebutuhannya.

  2. Globalisasi sebagai Liberalisasi yaitu menurunnya batas-batas antar negara. Hal ini dapat terlihat pada AFTA dimana tercipta interaksi perdagangan yang lebih bebas diantara anggotanya, tidak lagi terikat oleh batas negara.

  3. Galobalisasi sebagai Universalisasi. Universalisasi ini dapat dipahami sebagai “suatu peristiwa yang berskala lokal namun dapat berdampak ke seluruh dunia”. Contohnya adalah krisis finansial di Amerika Serikat yang membawa dampak ke banyak negara di belahan dunia.

  4. Globalisasi sebagai Westernisasi yaitu berkembangnya budaya barat. Globalisasi akan membuat pencampuran budaya terjadi, banyak masyarakat yang meniru budaya barat yang tentunya budaya tersebut sangat bertolak belakang dengan kebiasaan masyarakat setempat.

 

Menurut Para Pakar Indonesia

 

 

  1. Selo Soemardjan mengatakan globalisasi merupakan sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

  2. Achmad Suparman mengatakan globalisasi yaitu suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah. 

 

Faktor-faktor Penyebab Globalisasi 

 

  1. Perkembangan teknologi informasi komunikasi yang berperan untuk kemudahan dalam transaksi ekonomi antar negara.

  2. Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat.

  3. Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa transport dan pengiriman barang keluar negeri. Adapun dampak positif dan dampak negative terhadap globalisasi adalah sebagai berikut:

 

Dampak Positif Globalisasi

  1. Pembangunan semakin banyak

  2. Semakin cepat dan mudahnya komunikasi.

  3. Peningkatan pada ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien

  4. Turisme dan pariwisata meningkat

  5. Informasi dan ilmu pengetahuan mudah didapatkan.

  6. Taraf hidup dari masyarakat meningkat.

  7. Memacu meningkatkan kualitas diri.

  8. Kemudahan dalam transportasi.

 

Dampak Negatif Globalisasi

 

  1. Sikap solidaritas atau kepedulian, gotong royong, kesetiakawanan berkurang.

  2. Kreativitas menurun karena individu kebanyakan bersikap konsumtif.

  3. Budaya atau adat  bangsa akan terkikis.

  4. Informasi tidak terkendali dan tidak tersaring.

  5. Perusahaan dalam negeri akan kalah saing dengan perusahaan luar negeri, hal ini mengakibatkan perusahaan dalam negeri sulit berkembang.

  6. Perilaku dan sikap buruk banyak bermunculan.

  7. Tenaga tani berkurang.

  8. Sikap ala kebarat-baratan menjadi gaya hidup dan mudah terkontaminasi.

  9. Munculnya sikap individualisme.

 

Artikel ini sangat berguna bagi mahasiswa, dosen, peneliti, pengambil kebijakan, serta pemerhati persoalan global dan strategi. Hasil kajian ini merupakan suatu sumbanagn penting buat Indonesia dalam memahami tantangan masa kini dan masa depan dengan jernih dan cerdas.

 

Penulis Pemerhati Pendidikan di Papua Tinggal di Bali

 

Daftar Pustaka

 Scholte, Jan Aart (2001), “The Globalzation of World Politics”, in Baylis, John & Smith, Steve (eds). The Globalization of World Politics, 2nd edition, Oxford University Press.

Smith, Steve & Baylis, John (2001), “Introduction”, in Baylis, John & Smith, Steve (eds). The Globalization of World Politics, 2nd edition, Oxford University Press, pp. 1-12.

Setiadi, Efandi (2004), Pengaruh Globalisasi Dalam Hubungan Internasional. Jakarta: Prodi: Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Satya Negara Indonesia.

Tenouye, P.  ( 2017).  Pengertian Globalisasi. Paniai, Enarotali: Opini.

http://www.spengetahuan.com/2015/10/5-pengertian-globalisasi-menurut-para-ahli-lengkap.html : diakses pada hari Rabu, 6 Desember 2017; pukul : 10: 49.

http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-dan-dampak-globalisasi/: Diakses pada hari Selasa, 5 Desember 2017; pada pukul 10:00 wita.

 http://www.kuliah.info/2015/05/apa-itu-globalisasi-ini-pengertian.html/ diakses pada hari, senin 4 November 2017.

 

 

 

 

                                                                                                        

Foto Kabar Peristiwa