Joni Gobai: Bupati Intan Jaya Buka Musrenbang  Tahun Anggaran 2019

25 Hari yang lalu

POLITIK DAN PEMERINTAH

ADMIN


NABIRE KABARMAPEGAA.com— Ketua Panitia  penyelenggara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten  Intan Jaya, Joni Gobai mengatakan Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni secara resmi membuka acara Musrenbang Rencana Kerja Pemda  Tahun 2019. Senin (26 /3/2018) bertempat di Ruang Aula Sapta Marga Kodim 1705/Paniai, Nabire, Papua.

 

“Tujuan kegiatan ini untuk membahas rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Tahun 2019 dan mendapatkan  pemasukan akhir,” ujar  panitia Musrenbang Kab. Intan Jaya, Joni Gobai.

 

Joni menjelaskan, Musrenbang  juga sebagai suatu kesepakatan  tentang strategi permasalahan pembangunan daerah kemudian menyempurnaan  RKPD Kab. Intan Jaya yang dirinci berdasarkan  program skala  prioritas pagu dana indikatif menurut  tugas pokok dan fungsi OPD yang akan dijadikan  sebagai dasar menentukan pembangunan daerah lalu program kegiatan  indikator berbasis kinerja serta  lokasi.

 

Kata Gobai, penyelarasan  program dan kegiatan pembangunan daerah dengan  sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan klarifikasi program dan kegiatan pembangunan kabupaten Intan Jaya disesuaikan dengan hasil Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan 19-20 Maret  2018.

 

“Maksud penyelenggaraan musrenbang RKPD Kab. Intan Jaya tahun 2018 merupakan forum musyawarah antar pemangku  kepentingan  untuk membahas dan menyepakati  progrem kegiatan  prioritas  sebagai  yang akan  tercantum dalam rencana kerja  pemerintah daerah RKPD,” katanya kepada media ini saat diwawancara awak media.

 

Lebih lanjut Gobai menjelaskan, sasaran kegiatan musrenbang ini, para pimpinan OPD Kabupaten intan Jaya pimpinan perbankan, toko agama dan masyarakat, pimpinan organisasi, para pelaku usaha, camat, lurah, RT/RW dan lainnya di Kabupaten Intan jaya.

 

"Hasil yang diharapkan adanya rumusan hasil musrenbang RKPD Tahun 2019 yang dituangkan dalam berita acara kesepakatan yang ditandatangani oleh unsur-unsur pemangku kepentingan," bebernya.

 

Sementara itu, ketua Bapeda Kabupaten Intan Jaya, Aser Mirip mengatakan kegiatan ini dilaksanakan melalui surat keputusan Bupati Intan Jaya nomor 103 tahun 2018.

 

“Musrenbang  berdasarkan peraturan menteri dalam negeri, peraturan pemerintah daerah kabupaten Intan Jaya tentang pembentukan Panitia penyelemggara musyawarah perencanaan pembangunan daerah  tahun 2018,” katanya.

 

Ia juga mengunkapkan agenda utama dalam Musrenbang ini. “kami telah membahas rencana kerja organisasi perangkat daerah (renja -opd) tahun anggaran 2019 yang  terdiri dari tiga  bidang, yakni: Bidang Sosial, Ekonomi, Infratruktur dan Pengembangam Wilayah,” tutupnya.

 

Kemudian kegiatan Musrenbang ini kata Gobai, diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan  Daerah Kabupaten Intan Jaya yang ikut serta oleh pemangku kepentingan lainnya, seperti: Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya,  Sekda, Wakil Ketua DPRD, Tim Asistensi Bapeda Propensi Papua, Ketua Pemgadilan Negeri  Kab Nabire, Ketua Kejaksaan Negeri Kab Nabire atau diwakili Kapres Paniai, perwaklan Kodim 1705 Paniai serta perwakilan dari seluruh SKPD Kab. Intan Jaya, toko agama, toko masyarakat.

 

Pewarta: Yulianus Nawipa

Editor: Manfred Kudiai/KM

Foto Kabar Peristiwa