Masyarakat Walma Mengadakan Kegiatan Musrembang Kampung

Cinque Terre
Alexander Gobai

4 Bulan yang lalu
MAMTA

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

KEEROM, KABARMAPEGAA.COM--Masyarakat Walma distrik Skanto Kab. Keerom, Papua mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembang)  tahun periode 2018-2019 untuk penetapan program  kerja jangka menengah dan jangka panjang. Jumat, (2/2/2018) bertempat balai kampung  Walma.

 

Sekertaris Distrik (Sekdis) Skanto,  Sufriadi  kepada masyarakat Walma mengatakan dana desa sudah dianggrakan untuk program kerja tahun 2018 -2019  untuk itu, diharapkan agar mempritaskan pembangunan kampung. “Dana sudah ada, sehingga kita prioritaskan pembangunan kampung,” jelasnya.

 

Dalam Musrembang ini, masyarakat  Walmo menetapkan beberapa program pembangunan kampung yang akan dilaksanakan dalam dua tahun ini, diantaranya: 1) Pertanian dan Peternakan, 2) Pendidikan persekolahan masyarakat, 3) Gedung kesehatan,  (Postu dan Posyandu).

 

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa UST Jayapura pun mengambil bangian dalam membangun Kampung Walma. Mereka adalah peserta KKN tahun periode 2018/2019. Untuk itu peserta KKN menyumbangkan tiga program kerja tahunan, diantaranya: 1) Drainase Kampung, 2) Perpipanisasi Air Bersih dan 3) Menyediakan Tempat Pembuanggan Sampah dan Tempat Pembuagan Ampas. (TPS TPA).

 

Kemudian, Kepada Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) Walma, Ben Wenda mengatakan  bersama masyarakat, mahasiswa kita membangun kampung berdasarkan program jangka pendek, jangka menegah maupun jangka panjang.

 

“Masyarakat kampung Walma harus kerja sama dengan ketua supaya kita dapat jalankan semua program kerja yang telah kita sepakati,” jelasnya.

 

Menurut dia, dengan dana yang ada: anggarang dana desa, Prospek dan Dana Desa  (ADD PROSPEK DAN DD) tahunan 2017-2019 kita prioritaskan untuk pembangunan kampung Walma.

 

Sementara itu, Sekertaris Kampung Walma, Simon Tito Ladjar  menyatakan,  kita bersatu membangun kampung dengan ikuti garis koordinasi dan komando.

 

Pewarta: Yudas Nawipa

Editor   : Manfred Kudiai/KM

Baca Juga, Artikel Terkait