SHP Sukses Terlaksana di Nabire, Ini Kata Emanuel Gobai

1 Bulan yang lalu

HUKUM DAN HAM

ADMIN


NABIRE, KABARMAPEGAA.com--Guna mempersiapkan tenaga relawan bantuan hukum Papua, kami telah melangsungkan Sekolah Hukum Papua (SHP) tingkat dasar di Nabire. Kegiatan ini telah kami langsungkan selama tiga hari terhitung 15 - 17 Maret 2018  bertempat Aula Kantor PU, Jln. Merdeka, Nabire, Papua.


Hala ini disampaikan oleh Emanuel Gobai salah satu perintis SHP  Papua yang juga sebagai anggota Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta kepada media ini saat ditemui melaksanakan SHP  tingkat dasar dan pelatihan menulis.


"Selama SHP tingkat dasar ini, peserta dibekali ilmu dasar  hukum diantaranya: Pengantar Hukum, Pengantar Ilmu Hukum , Pengantar Hukum Indonesia, Hukum Pidana, Hukum acara Pidana, Hak Asasi manusia," ujarnya.


Lanjut Emanuel yang sering disapa dengan Ego, ilmu hukum dasar ini diberikan selama dua hari mulai dari  tanggal 15-16 maret dan tanggal 17 dilangsungkan dengan materi dasar-dasar jurnalistik, dokumentasi berita yang dibawakan oleh wartawan tabloidjubi.com atas nama Abet You dan Hengki Yeimo dan materi tentang hak masyarakat serta hak masyarakat adat oleh anggota DPRP Papua Jhon Gobai.


"Terimakasih banyak atas kehadiran  Wartawan Jubi Abeth Youw  dan Anggota DPRP Papua, Jhon Gobai ikut terlibat dalam SHP di Nabire," paparnya


Menurutnya diundang wartawan Jubi sebagai pembicara utama karena dokumentasi tulis-menulis itu berkaitan erat ketika terjadi masalah ringan maupun yang berat dan masalah apa saja yang terjadi saat ini di Papua.


Sementara ini, wartawan Jubi, Abet Youw ketika wawancara mengatakn dirinya telah menjelaskan gambaran umum tentang pengambilan foto, cara menulis berita berdasarkan rumua 5W1H.


"Secara gambaran umum, saya telah menjelaskan bagaimana cara pengambilan foto, penyimpanan foto sertavcara menulis berdasarkan 5W51H. Dengan tujuan agar peserta dapat mengerti dan mengetahui tentang jurnalistik yang sesungguhnya," katanya kepada awak media ini saat diwawancara.


Menurutnya, kita harus belajar menulis karena menulis iitu penting sebab banyak orang yang terkenal dimana-mana itu sebabnya karena adanya peran media.


Perwarta: Yulianus Nawipa
Editor    : Manfred Kudiai

Foto Kabar Peristiwa