USTJ Perjuangkan Pemenuhan Air Bersih Warga Kampung Alang-Alang Raya

26 Hari yang lalu

PENDIDIKAN

ADMIN


JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com – Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) akan berusaha memperjuangkan pengeboran air bersih di Kampung Alang-Alang Raya. Karena dinilai kampung Alang-Alang Raya hingga kini belum mendapatkan air bersih.

 

“Kami akan tetap memperjuangkan pembangunan air bersih di kampung Alang-Alang Raya. Meski mahasiswa KKN USTJ tahun 2018 telah menemukan titik sumber air bersih sebagai tahapan awal, dan selanjutnya akan terus dilanjutkan pembangunanya,” Kata Rektor IV, Bidang Kerjasama, Drs. Suyatno, MT dari Abepura, Jumat, (23/03/18).

 

Menurutnya, ada beberapa tahapan yang sudah dilakukan sebagai tahapan awal pembanguan, diantaranya, mendatangkan ahli geologi untuk mencari titik sumber mata air, langkah kedua memberikan kebebasan kepada masyarakat dengan memfokuskaan pendaana degngan menggunakan dana desa.

 

“Setelah ada dana desa yang dibicarakan saat Musrembang pada tanggal 09 Februari 2018 di kampung Alang-Alang menjadi titik fokus pembangunan air bersih dan ingin melibatkan USTJ sebagai pengawasan dalam pengeboran,” tandasnya.

 

Menurut Suyatno, kampung Alang-Alang ingin menjadi tempat kembang  atau binaan USTJ. Membuat kerjasama, membuat pelayaan kesehatan, pengobotan dan pendidikan.

 

“Saya  yakin program untuk kepentingan masyarakat, pemda akan membantu,” katanya.

 

Terpisah, Kepala Kampung Alang-Alang Raya, Edison Enumbi berharap kepada USTJ agar terlibat dalam pembanguan air bersih.

 

“Yang pasti, kami akan memanggil USTJ untuk mengawasi  pengeboran air bersih,” ungkapnya.

 

Karena selama ini, kata dia, kampung Alang-Alang Raya kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

 

Jika musim hujan masyarakat menggunakan air hujan, sedangkan jika musim kemarau, untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat harus mengambil air dari kali kabur yang jaraknya mencapai 800 meter.

 

“Kami berharap, USTJ tetap mendukung dan berusaha untuk tetap membantu kami untuk pengeboran air bersih,” katanya.

 

Pewarta     : Alexander Gobai

 

Foto Kabar Peristiwa