Viktor Yeimo : Penyiksaan Aktivis KNPB, Polisi Harus Bertanggungjawab

Cinque Terre
Alexander Gobai

6 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA, KABAR MAPEGAA.com -  Tuan Viktor Yeimo, Ketua Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menyatakan penyiksaan aktivis KNPB Wilayah Nabire yang dilakukan polisi. Hal ini pihaknya meminta polisi harus bertanggungjawab.

 

Kata Viktor, penyiksaan yang dialami oleh beberapa aktivis di sana usai dilakukan penangkapan pada tanggal 30 Juni 2017, pihaknya akan melakukan investigasi dan meminta polisi untuk bertanggungjawab.

 

“Kita sedang melaporkan kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan investigasi terhadap kasus penyiksaan itu,”Kata Yeimo Kepada wartawan kabarmapegaa.com, Sabtu, (08/07/17) melalui Via Telepon dari Jayapura.

 

Menurutnya, tak heran lagi, kota Nabire adalah tempat ruang demokrasi yang dibungkam apalagi diliputi dengan banyak operasi-operasi gelap seperti pertambangan emas, operasi penyebaran penduduk, penebangan hutan secara liar dan perindustrian lainnya. Oleh karena itu, kata dia, memang aparat keamanaan sudah menutupi ruang demokrasi disana dengan sangat ketat.

 

Lebih lanjut Yeimo mengatakan, apa yang dilakukan aktivis KNPB di Nabire, sebenarnya telah membuka ruang demokrasi terhadap kejahatan kemanusiaan di Nabire, tapi pihak polisi yang justru melawan dan menutup ruang demokrasi itu.

 

“Tapi tuntutan utang politk untuk harkat undang sendiri itukan bukan hal yang baru, semua wilayah selalu melakukan, bukan saja di Nabire. Maka itu, tambah Yeimo, entah polisi mau melakukan pemukulan, penganiyaan dan penyiksaan silahkan saja, dorong sendiri memalukan diri sendiri, karena pihaknya akan lawan dengan cara-cara yang bermartabat,”Pungkas Yeimo.

 

Sementara itu, Kapolres Nabire, AKBP Soni Sanjaya ketika dihubungi wartawan kabarmapegaa.com melalui Via Telfon dari Jayapura ingin menanyakan soal penyiksaan terhadap beberapa aktivis tak memberikan respon. Hingga akhirnya, media ini tak menuliskan tanggapan Kapolres Nabire.

 

Pewarta    : Alexander Gobai

 

Baca Juga, Artikel Terkait