BPMK Paniai : Banyak Kepala Kampung Tak Bisa Baca Tulis

1 Bulan yang lalu

MEEPAGO

ADMIN


PANIAI,KABARMAPEGAA.com- Kordinator Pengawasan kegiatan lapangan Program Dana Desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMK) Kabupaten Paniai Abet Pekei mengaku  rata-rata kepala kampung dan perangkatnya yang ada di kabupaten Paniai masih banyak yang belum bisa membaca dan menulis.   

  

"Ini tantangan buat kita.banyak kepala desa, sekertaris desa dan bendahara desa yang tidak tau membaca dan tulis jadi kita harus kawal baik-baik di lapangan sambil melakuakan training-training singkat dilapangan". Ungkap Pekei, di Enarotali, Paniai, Sabtu (17/06/2017) siang.

 

Selain mengawal. kata Pekei, sesuai dengan Permendesa nomor 22 tahun 2017 telah menekanlan bahwa program prioritas program di tahun 2017 ada dua yaitu program pembangunan dan pemberdayaan,”tukasnya.

 

Lanjut dia, bidang pembangunan berbicara tentang pembangunan infrastruktur.ia mencontoh seperti saluran drainase, jalan titian dan berbagai jenis infrastruktur dasar lainnya.

 

Sementara bidang pemberdayaan adalah bidang pelatihan peningkatan kapasitas seperti Sosialisasi, dan berbagai jenis pelatihan lainnya. Semua ini pemerintah lakukan semata-mata untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di kampung-kampung itu sendiri.

 

"Memang harus ada pelatihan yang banyak, kepala desa, perangkat minim SDM. masalah sekarang itu SDM. makanya kita harus kawal baik-baik supaya kinerja para aparat memahami," tuturnya.

 

Sementara itu, Thomas Yeimo Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Paniai, Minggu (18/06/2017) mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan dasar di kampung-kampung maka semua pihak harus bergandeng tangan bahu-membahu membangung kampung-kampung yang ada.

 

"Mulai dari Dinas,Satker, Pendamping P3MD dan masyarakat harus satu hati mengawal dan menjaga dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat," tukasnya.

 

Selain itu, pihaknya akan bekerja sama dengan media-media lokal maupun nasional yang ada di papua untuk sama-sama mengawal program dana desa tersebut.

 

Pada kesempatan itu juga, yeimo menghimbau kepada seluruh masyarakat ikut serta mengawal dana desa agar dana tersebut dapat berjalan sesuai dengan Anggaran pendapatan dan belanja Kampung (APBK) dan rencana pemerintahan Kampung (RKPK) yang telah dibuat.

 

Pewarta : MG

 

 

Editor    : Martinus Pigome

Foto Kabar Peristiwa