Curly Angels Community Tiba di Asmat

Cinque Terre
Alexander Gobai

3 Bulan yang lalu
KESEHATAN

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

AGAST, KABARMAPEGAA. com-- Ratusan anak di Kabupaten Asmat, pedalaman Papua mengalami malnutrisi akibat keterbatasan asupan pangan bergizi. Bahkan, puluhan anak meninggal akibat campak dan gizi buruk yang diderita. Berlatar belakang dari kondisi tersebut, sebelumnya Curly Angels Community " Relawan Komunitas Malaikat Keriting" menggelar penggalangan dana beberapa daerah.

 

Salah satu di Berlokasi di depan Istana Merdeka Patung Kuda Jakarta, terlihat  sejumlah penggiat seni melukis tangan, menjual stiker berharga 15000  dan sebagainya beberapa bulan lalu.

 

Ketua Curly Angels Community, Ellen Rachel Aragay mengatakan, masih ada 600-an anak di pedalaman suku Asmat dan sekitarnya yang mengalami busung lapar akibat gizi buruk, dan kini nyaris mencapai 70 anak balita yang meninggal dunia akibat ke kurangan gizi.

 

Kondisi tersebut justru menimbulkan pertanyaan tersendiri mengingat dana kesehatan yang dialokasikan oleh Pemda Papua mencapai Rp 106 miliar. Dana yang diambil dari dana otsus itu harusnya diselenggarakan untuk kesehatan masyarakat di Papua.

 

Faktor terpencilnya daerah dan tidak adanya daratan untuk tempat pesawat mendarat menjadi hal utama sulitnya pelayanan kesehatan masyarakat suku Asmat dan sekitarnya sulit terpenuhi, sebab umumnya daratan yang ada masih berupa tanah rawa. Jika pun harus menggunakan pesawat kecil jenis komersil setidaknya dibutuhkan Rp 75 juta untuk satu perjalanan.

 

“Sekarang ini pesawat tidak bisa landing karena kondisi tanah pedalaman yang berawa, ini menyulitkan distribusi dan pelayanan kesehatan yang seharusnya diberikan kepada masyarakat”, ujarnya

 

Kami Curly Angles Community  5 Anggota telah tiba di Asmat kemaring siang Pukul 13:00 . Perjalan kamai aman dan tanpa terkendali selama 10 Jam. Ujar Jeck Tebai salah satu Anggota Curly Angels Community, Minggu (18/18)

 

Ia menambahkan,  Untuk turun lapangan sekaligus Sosialisasi dengan masyarakat Asmat Senin, (19/3/2018) besok.

 

 

Pewarta: Yunus Gobai

Baca Juga, Artikel Terkait

Tidak ada artikel terkait