DPR Kota Jayapura Sosialiasikan Perda Tentang Pendidikan

1 Bulan yang lalu

POLITIK DAN PEMERINTAH

ADMIN


JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura melakukan pengawasan sekaligus  sosialisasi Peraturan Daerah No. 05 Tahun 2014 tentang Pengelola dan Penyelenggara Pendidikan, Senin (19/03/18) di Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura.

 

Ketua Komisi D, Bidang Pendidikan, Kenan, Sipayung, S.P mengatakan sosialisi ini betujuan agar masyarakat mengetahui bahwa penyelenggarakan pendidikan diatur dalam satu Peraturan Daerah (Perda).

 

Selain itu, juga meminta masukan masyarakat terkait dengan pelaksana Pendidikan di kota Jayapura.

 

“Kami telah menerima tiap masukan dari masyarakat dan berharap agar dinas pendidikan segera menindaklanjuti dari semua masukan, salah satunya, ialah tenaga pengajar,” katanya.

 

Ia berharap, agar semua masukan dari masyarakat dapat ditindakalanjuti dan akan dibahas secara rinci agar kedepan pendidikan di kota Jayapura bisa  baik.

 

“Kami pihak DPR Daerah dan Dinas Pendidikan kota Jayapura akan menindaklanjuti perda  No 05 Tahun 2014 membahas demi pendidikan Kota Jayapura yang lebih baik,” Terangnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang SMA/SMK Dinas P dan K Kota Jayapura, Nurhadi, SPd, M.pd yang tampil sebagai  narasumber mengatakan, sosialisasi tersebut diadakan karena perkembangan sistem pendidikan Kemendibud Pusat  dan UU 23 Tahun 2014.

 

Sehingga perlu ada pembaharuan dengan Peraraturan Daerah (Perda) UU 05 Tahuh 2014.

 

“Kita mengumpulkan masyarakat untuk mendapatkan masukan-masukan agar dalam memperbaharuaan Perda nanti lebih komprehensif sesuai harapan masyarakat,” katanya.

 

Kata dia, ada beberapa masukan hubungan antara masyakat, tokoh adat, pemuda dan kelurahan sangat diharapkan, agar komite sekolah dapat bererja dengan baik.

 

“Saya  menyanyangkan, komite diangkat sebagai lahan pungli. Karena dianggap memungut biaya anak kepada lembaga. Padahal bukan,” pungkasnya.

 

Penggalangan dana tersebut, kata Nurhadi, dilakukan untuk bantuan sekolah melalui pertemuan bersama orang tua murid.

 

Dirinya berharap, melalui Perda ini agar ada Pembinaan kepada komite untuk mengetahui  fungsi dan tugas mereka. Sehingga tidak salah melaksanakan tugasnya dan tidak dianggap  komite pungli. 

 

Pewarta    : Alexander Gobai

 

Foto Kabar Peristiwa