Guru Wajib Dilindungi

Cinque Terre
Alexander Gobai

21 Hari yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu  Pendidikan, Universitas Cendrawasih  (FKIP Uncen), Prof. Dr. Nomensen Mambraku menyatakan, guru-guru yang bertugas di daerah Pegunungan, Lembah, Pesisir dan Perkotaan, wajib untuk dilindungi. Karena, guru sebagai pionir dan mecerdaskan generasi bangsa dan Negara.

 

“Saya merasa sedih. Karena, khasus pemerkosaan guru yang terjadi Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika yang dilakukan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjatah (KKSB) pekan lalu, sangat menyedihkan,” kata Mambraku Kepada kabarmapegaa.com di Abepura, Sabtu (28/4).

 

Menurutnya, kapasitas guru sudah jelas. Kehadiran guru di daerah pegunungan, justur mengangkat manusia papua dari ketertinggalan.

 

“Saya berharap, agar yang mengangkat guru dan memberikan tugas dia daerah pegunungan bertanggungjawab,” katanya yang juga sebagai ketua PGRI Provinsi Papua.

 

Menindaklanjuti proses pemerkosaan guru-guru itu. Nomensen dan sejumlah guru-guru akan melakukan pertemuan internal dengan Kapolda Papua meminta agar ada pengawasan dan perlindungan terhadap guru.

 

“Ada empat poin yang harus ditindaklanjuti dan dilindungi. Diantaranya, perlindungan hukum, profesi guru pada saat belajar-mengajar dan lain-lain,” ujarnya.

 

Ia berharap kepada pemerintah Provinsi dan daerah/kota, supaya memberikan tempat dan perlindungan yang layak kepada guru-guru. Apalagi, guru-guru yang bertugas yang jauh dari perkotaan.

 

Perwarta  : Alexander Gobai

Baca Juga, Artikel Terkait