Harapan Anak Negeri Selemkay Raya

Cinque Terre
Alexander Gobai

29 Hari yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

SORONG, KABARMAPEGAA.com---Seiring waktu dan kebutuhan daerah dalam pemekaran wilayah sehinga masyarakat yang dahulunya bersatu mulailah terkotak – kotak dengan hadirnya dua wilyah pemerintah; Distrik Selemkay kabupaten Sorong dan distrik Selemkay kabuapten Tambrauw. Hal ini mengakibatkan masyarakat saling bermusuhan atau sering terjadi konflik antar masyarakat setempat.

 

Dengan melihat keadaan ini,  pada akhir tahun 2017  sejumlah mahasiswa asal Selemkay Raya sepakat untuk membentuk ikatan atau organisasi tingkal lokal untuk mengatasi isu-isu yang berkembang diwilaya Selemkay dengan harapan menata masa depan Selemkay yang lebih baik dan efektif.

 

Selemkay atau yang sering disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan Seledauk (Pelabuhan obak) merupakan salah satu kampung yang berdada di pantai Utara Kabuapen Sorong waktu dan  wilayah paling barat dari kabupaten Tambrauw. Selemkay pada dasarnya salah satu  kampung yang sangat berkembang dan tentram. Mulai dari kehidupan sosial masyarakat yang begitu rukun , damai serta memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang menduduki jabatan terpenting dalam pemerintahan.

 

Dengan demikian, Badan Pegurus Baru Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Selemkay Raya (IPPMSR) , Sabtu (31/03/2018) belum lama ini dilantik  oleh oleh DPP HIMAMSI. Pelatikan tersebut dihadiri berbagai tokoh diantaranya: Tokoh  Masyarakat, perwakilan Pemerintah  Kabupaten Tambrauw (Amos Gifelem, anggota DPRD Kab Tambrauw) dan pemerintah kab Sorong (Leonard Mainolo S.IP) serta beberapa OKP diantaranya: GAMKI,GMNI dan DPP HIMAMSI sebagai penangung jawab, serta lapisan masyarakat.

 

Dalam sambutan, Leonard Mainolo, Kepala Distrik Selemkay Sorong mengatakan, “hari ini banyak peluang dalam peningkatan sumber daya manusia melalui pemeberian beasiswa, baik dari Pemda Tambrauw, maupun Pemda Kab Sorong tetapi anak negeri banyak menjadi penonton, karena orang lain yang menikmati sementara kita menjadi penonton”.

 

Sehingga Ia berharap, pengurus yang baru dilantik, harus memberikan data mahasiswa Selemkay kepada Badana pengurus DPP HIMAMSI, supaya mahasiswa dari wilayah tersebut bisa terdata dengan baik dan mahasiswa Selemkay Ray. “Jangan turut  mengambil bagian dalam politik praktis, karena mahasiwa harus berdiri dengan tegar, jangan memandang ke kiri maupun kenan, tetapi harus memandang kedepan dan nanti akan melihat matahari yang terbit disebela timur nusantara ini.”

 

Sehingga lanjut beliau, kalian adalah tulang pungung bagi Malamoi, dan bangsa ini. “Dalam harapanya kepada anak –anak negeri Seledauk Pantai Ombak Dela, tunas – tunas ini tumbuh terus dan jangan padam, untuk menjadi Mainolo yang baru, Gifelem yang baru dan menjadi pemimpin – pemimpin baru”. 

 

Sementara itu, Amos Gifelem menegaskan beberapa pemimpin yang hari ini ada, mereka lahir dari organisasi, tetapi tidak seperti organisasi yang ada sekarang ini, namun mereka mempunyai semangat juang yang tinggi sehinga mereka mencapai cita-citanya yang sekarang menjadi nyata. “IPPMSR, dulu dibentuk namun tidak berjalan eksis, namun di generasi sekarang ini mulailah muncul nama IPPMSR.”

 

Kata Gifelem, mahasiswa merupakan tongkat estafet dari bangsa dan negara ini. Mahasiswa harus berkerja sama dengan pemerintah dan sejumlah elemen yang ada, dan mahasiswa harus menunjukan hal yang terbaik.

 

Malamoi dahulu, Malamoi sekarang dan Malamoi yang akan datang.  Kalimat awal yang di sampaikan oleh Ketua Umum DPP HIMAMSI, Isai Ones Paa.  Pria kelahiran Dela. “Malamoi dahulu, hadir dengan berbagai kehidupan dan keharmanisan kehidupan yang tak terukur dan SDM Suku Moi sangat terbatas, tetapi malamoi sekarang hadir dengan kekuatan sumber daya yang sudah mulai nampak, namun kehidupan sosial masyarakat yang sudah mulai terkotak –kotak.”

 

Tanyanya, akankah kehidupan di Malamoi yang akan datang lebih baik atau lebih buruk lagi seperti yang sekarang ini?

 

Kata Ones dalam sambutannya, SDM  Moi sudah  siap untuk memimpin daerahnya sendiri. “Mahasiswa Selemkay Raya harus menjadi garda terdepan bagi wilayah ini,sebab wilayah ini merupakan wilayah konflik.”

 

Untuk itu, Ones juga meminta kepada mahasiswa Selemkai Raya untuk tidak terprovokasih atau terpengaruh dengan ise-isu tentang masalah politik yang berkembang saat ini. “Jadilah garda bagi wilayah ini ujarnya.Membangun ikatan merupakan kumpulan dari ide atau gagasan yang kritis demi terwujudanya suatu daerah dalam berbagai aspek kehidupan.”

 

Sebagi ketua umum DPP HIMAMSI dirinya mengaku siap untuk bertangung jawab atas segalah bentuk kegiatan yang dilakukan.

 

“Dalam jangka waktu dekat, kami akan melakukan pendatan  seluruh mahasiswa asal Selemkay Raya dan akan mepersentasikan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Tambrauw, agar supaya mahasiswa dari wilayah tersebut dapat juga diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Tambrauw,” katanya.

 

Ia juga minta kepada Pemerintah kabupaten setempat tidak hanya  memfokuskan pada peningkatan Infrastrutur  dan suprastruktur di wilayah tersebut, tetapi SDM NEMOI dari wilayah tersebut harus diperhatikan secara baik.

 

Penulis: Isai Ones Paa

Editor: Manfred Kudiai/KM

Baca Juga, Artikel Terkait