Jubir KNPB Manokwari:1 Juli1971 Hari Bersejarah Bagi Bangsa Papua

24 Hari yang lalu

INTERNASIONAL

ADMIN


MANOKWARI, KABAR MAPEGAA.com - Setiap tanggal 1 Juli diperingati oleh orang Papua sebagai hari proklamasi kemerdekaan West Papua. Proklamasi tersebut dibacakan di Markas Victoria, Desa Waris, Jayapura, pada 1971 lalu.Seth Jafet Rumkorem  sebagai Presiden Papua Barat, dan didampingi oleh Jakob Prai  sebagai Ketua Senat (Dewan Perwakilan Rakyat), Dorinus Maury sebagai Menteri Kesehatan, Philemon Tablamilena Jarisetou Jufuway sebagai Kepala Staf Tentara Pembebasan Nasional.

 

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan West Papua yang ke-47 Komite Nasionl Papu Barat (KNPB) dan PRD Manokwari  hari ini Sabtu,(01/07/2017) menggelar konferensi Pers di Amban, Manokwari,Papua Barat.

 

Yoram Bocor Magai selaku Jubir KNPB wilayah Manokwari mengatakan, pada 1 Juli 1971 adalah dimana hari bersejarah bagi bangsa Papua Barat yang pernah ada deklarasi kemerdekaan Bangsa Papua namun sampai hari ini belum merdeka full secara politik, budaya dan segi lainnya. Maka, akan terus berjuang  ini,”katanya kepada wartawan disaat konferensi pers di Sekretariat umum KNPB dan PRD.

 

 “Tepatnya tanggal 1 Juli Pada tahun 1971 sudah deklarasikan kemerdekaan Bangsa. tapi, kita belum merdeka penuh secara politik, budaya dan hal lainnya.sampai saat ini juga negara inddonesia tak pernah mengaku kemerdekaan papua barat,”ucapnya.

 

“Walaupun Negara Indonesia  belum mengaku,kemerdekaan west papua kami akan tetap berjuang sampai merdeka penuh,”ujarnya Jubir KNPB.

 

Dikatakanya, dalam proklamasi kemerdekaan mengatakan bahwa Bangsa Papua dengan batas teritorial dan pemerintah revolusi west papua yang jelas.

 

Jubir KNPB Kota Manokwari menjelaskan Bangsa Papua dengan batas territorial yang jelas untuk merdeka dan berdaulat sebagai negara tersendiri. yang kedua kata dia,membuat kontitusi negara dengan perangkat pemerintah revolusi melalui revolusi Papua.
 

Jelas Magai lagi, proklamasi tersebut sebagai bentuk ketegasan dari manifesto politik Bangsa Papua 1 Desember 1961 yang digagal oleh Indonesia  melalui rekayasa pepera 1969 yang dilakukan oleh NKRI dengan cara musyawarah.

 

Untuk itu, Magai menghimbau kepada rakyat Papua khususnya di kota Manokwari tetap solit, tetap bersatu dan kita membawa agenda bersama-sama hingga mendapatkan nasib kita sendiri yaitu meraih kemerdekaan Bangsa Papua secara utuh.

 

Sementara itu, Ketua 1 KNPB wilayah Mnukwar,Melkias Beanal mengatakan 1 Juli 1971 adalah suatu sejarah yang dibuat oleh para aktivitis pendahulu perjuangan kemerdekaan Papua.dengan perjuangan aktivitis kita maka itu,mari kita berjuang pembebasan papua dari negara indonesia.

 

“ Kemerdekaan Papua  Barat pada tanggal 1 Juli 1971 ini merupahkan suatu sejarah Papua yang dilakukan oleh akvitivis pendahulu kami, sehingga kita rakyat bangsa papua perlu mengetahui dan melanjutkan,”ungkapnya dengan penuh  harap.

 

“Kepada seluruh rakyat papua agar tetap tenang dan menggelar Ibadah bahkan berdiskusi tentang sejarah ini didalam rumah kita masing-masing,”Imbuhnya Beanal.

 

Pewarta : Petrus Yatipai

 

Editor    : Martinus Pigome

 

Foto Kabar Peristiwa