Kelestarian Kali Kamwolker Terancam

Cinque Terre
Alexander Gobai

2 Bulan yang lalu
INFORMASI

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com -  Dosen Program Studi Geografi  Uncen Papua, Eka Kristina Yeimo, S.Pd, M.Si mengatakan, Kali Kamwolker yang terdapat di Perumnas III, Waena harus dilindungi dan dilestarikan. Sebab, kali tersbeut menjadi salah satu penyuplai air bersih di Kota Jayapura.

 

“Saat ini, masalah air bersih penyuplai dari Kali Kamwolker akan menjadi persoalan bagi kehidupan manusia, karena masyarakat telah berupaya meluaskan lahan dengan membangun perumahan dan kebun hingga lama-lama mata air menjadi sempit,” Kata Yeimo, Kepada kabarmapegaa.com, Jumat, (16/03/18) Abepura.

 

Menurutnya, sejak tahu 2007, semenjak dirinya masih berada di  Kota Jayapura, jembatan dan air di kali kamwolker terlihat deras dan hutannya masih utuh, namun saat ini sudah terjadi perubahan karena masyarakat sudah membangun rumah di dataran sungai.

 

“Kali kamwolker sudah kering, masyarakat bangun rumah dan berkebun hingga  mendekati mata air, akibatnya manusia yang kena,” Tegasnya.

 

Ia menilai, lima tahun kedepan, kali kamwolker yang menjadi sumber mata air bagi warga kota Jayapura akan mengalami kendala, kalau tidak ditangai segera oleh pemerintah.

 

“Saya berharap kepada Pemerintah Kota Jayapura atau dinas terkait agar segera mengambil kebijakan keras untuk tidak melanjutkan aktivitas,” harapanya.

 

Aktivis Lingkungan itu, juga berharap, agar masyarakat yang berada di sekitar kali kamwolker agar perlu melestarikan kembali dengan cara mereboisasi pohon  guna menahan gundulnya tanah dan lesatikan air. 

 

Pewarta      : Alexander  Gobai

#Budaya

Baca Juga, Artikel Terkait