LPM Jadikan Kampung Buleube sebagai Kampung Destinasi Wisata

Cinque Terre
Alexander Gobai

27 Hari yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com – Ketua Umum Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Papua, Isak Rumbarar, ST  menyatakan, setelah peserta LPM dari 29 Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua yang mengikuti orientasi dan pelatihan pendamping desa yang diselenggarakan pada tanggal 26 April 2018 Kemarin. Mereka melanjutkan perjalanan di salah satu kampung Buleube, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura sebagai kampug yang dijadikan Destinasi Wisata.

 

“70 persen dari pengurus LPM, peserta orientasi dan aktivis pendamping berkunjug di kampung buleube,” kata Rumbarar Kepada kabarmapegaa.com di salah satu hotel ternama di Abepura, Jumat (27/4).

 

Ia mengaku, memang kampung Buleubu terlintas jauh dari distrik dan kabupaten Jayapura. Tetapi, LPM terinspirasi untuk menjadikan kampung Buleube sebagai destinase wisata dari LPM.

 

“Kami, membagi empat kelompok. Diantaranya, kelompok pertama, melihat potensi pemanfaat retribusi. Kelompok kedua, melihat pemanfaatan SDM, seperti keramba dan ikan. Kelompok ketiga, melihat potensi pengelolahan nilai ekonomis, misalnya, usaha pisang goreng dll. Kelompok keempat, melihat potensi wisata,” ujarnya.

 

Kegiatan di kampung buleube itu bersifat sentuhan  langsung dengan masyarakat. Karena kampung itu ingin menthabiska secara formal dan bermitra dengan pemerintah kabupaten Jayapura dan pemerintah Provinis Papua sebagat porject dalam rangka mengembangkan nilai-nilai ekonomi  untuk pribadi dan keluarga.

 

Ia berharap kedepan, kampung itu dijadikan tempat wisata yang akan berkunjung dan mendapatkan manfaat yang baik bagi masyarakat. Sehingga, menjadi pemerintah daerah demi memandirikan, dan mensejahterakan  masyarakat.

 

Pewarta  : Alexander Gobai

#Budaya

Baca Juga, Artikel Terkait