Mahasiswa Program Afirmas Dogiyai Tak lolos, Pemerhati Pendidikan Bertemu Ditjen Dikti

Cinque Terre
Alexander Gobai

5 Bulan yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAKARTA, KABAR MAPEGAA.com - Pemerhati Pendidikan Kabupaten Dogiyai, Papua, drg. Yohanes Tebai, MH.Kes., mengadakan pertemuan khusus bersama Direktur Kemahasiswaan Ditjenbelmawa Dikti Dr. Didin Wahidin, M.Pd., Senin, (10/07/17)  di Ruang kerjanya Kemeristek dan Dikti Gedung D Lantai IV, Jakarta. Pertemuan itu membahas sedikitnya 100 calon mahasiswa Dogiyai yang mengikuti program Afirmasi tahun 2017 dinyatakan tidak lolos.

 

Dalam pertemuan itu, kata Tebai bahwa, kedatangan dirinya ke Jakarta untuk mengklarifikasi tentang tidak adanya perwakilan kabupaten Dogiyai pada program Afirmasi Pendidikan Tinggi tahun 2017.

 

“Saya sangat sayangakan sekali mengapa kami dari kabupaten Dogiyai tidak ada perwakilan pada program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) seperti tahun 2015 lalu,”Katanya.

 

Padahal, pihaknya mengamati sekitar 100 calon mahasiswa kabupaten Dogiyai tahun 2017 ini sudah mengikuti tes sesuai prosedur yang ditentukan, namun tidak ada satupun yang lolos.

 

“Dimana kesalahan mereka,”tanya tebai.

 

Menanggapi hal itu, Direktur Kemahasiswaan Dr. Didin Wahidin, M.Pd., mengatakan bahwa, hal yang disampaikan sangat benar. Namun Kata dia, hasil yang diterima dari Provinsi Papua dan Papua Barat seperti demikian.

 

“Untuk itu, pasti ada kesalahan administrasi pada saat pengiriman hasil tes dari kordinator kota pelaksana ke kordinator wilayah atau tercecer saat penginputan data. Hal ini, pihaknya  akan memerintahkan kepada team untuk segera melakukan kroscek ulang,”jelasnya.

 

Namun, pihaknya menyayangkan meski data berhasil ditemukan belum tentu diakomodir di tahun 2017, tetapi akan diakomodir di tahun depan (2018). Tapi, pihaknya akan bangun komunikasi dan kordinasi ke atasan guna memberikan kebijaksanaan terkait masalah ini.

 

Akhir pertemuan drg. Yohanes Tebai, MH.Kes., memberikan cinderamata anyaman noken buatan salah satu siswa calon peserta ADik kabupaten Dogiyai yang diisi dengan sepucuk surat yang bertuliskan Kami Membutuhkan Uluran Tanganmu Pak Presiden Mahasiswa di Indonesia“ kepada Dr. Didin Wahidin, M.Pd.,

 

Pewarta    : Barnabas Subagio

 

Editor        : Alexander Gobai

Baca Juga, Artikel Terkait