Masyarakat Diajak Harus Hidup Sehat

Cinque Terre
Alexander Gobai

1 Bulan yang lalu
KESEHATAN

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)
foto: masyarakat diajak hidup sehat

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com– Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Dr. Nyoman Sri Antari mengajak masyarakat secara keseluruhan berpartisipasi untuk melaksanakan pola hidup sehat. Hidup sehat itu harus dimulai dari keluarga, tempat kerja dan di masyarakat.

 

“Saya mengajak semua masyarakat secara keseluruhan dan khususunya  masyarakat Kota Jayapura agar berpartisipasi untuk melaksanakan hidup  sehat,” kata Nyoman  dalam  sambutan yang dibacakan dalam acara Sosialiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Aula  Badan Diklat Kota Jayapura, pekan lalu.

 

Menurutnya, GERMAS diprakarsai oleh Presiden RI Sesuai lnstruksi Presiden (Inpres) No 1 Tahun 2017 yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

 

“Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

 

Salah satu dukungan nyata lintas sektor untuk suksesnya GERMAS, diantaranya, Program lnfrastruktur Berbasis Masyarakat (lBM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berfokus pada pembangunan akses air minum. sanitasi, dan pemukiman layak huni, yang merupakan infrastruktur dasar yang mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan datam hal keamanan pangan.

 

“GERMAS dapat dilakukan dengan cara, melakukan aktifltas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Menjaga kesehatan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban,” katanya.

 

Sementara, Sambutan Walikota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM yang dibacakan Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru menyatakan, melalui Instruksi Presiden RI No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bertujuan untuk menekankan upaya mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

 

“Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rangka mewujudkan' Germas diantarnya. Pertama, Peningkatan aktivitas fisik. Kedua, peningkatan Perilaku hidup sehat. Ketiga,  Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi. Keempat, Peningkatan Pencegahan dan deteksi dini penyakit. Kelima, Peningkatan kualitas lingkungan. Keeman, Peningkatan edukasi hidup sehat,” katanya.

 

Saya berharap, Germas dapat membangkitkan rasa tanggungjawab bahwa sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.  Dan diharapkan juga  agar masyarakat Kota Jayapura dapat menerapkan di lingkungan keluarga masing-masing, tempat kerja dan dimana saja kita berada. Sehingga warga Kota Jayapura tetap dalam keadaan sehat untk melaksanakan semua kegiatan dan tanggungjawab masing-masing.

 

Pewarta        : Alexander Gobai

#Budaya

Baca Juga, Artikel Terkait