MRP Dukung Demo Ganti Bupati Pegubin

Cinque Terre
Alexander Gobai

29 Hari yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA KABARMAPEGAA.com– Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Adat, Majelis Rakyat Papua (MRP), Perwakilan Pegunungan Bintang dan Kabupaten  Yahukimo Engelbertus Kasipmabin, SE menyatakan, MRP mendukung peristiwa demo masyarakat dari 34 Distrik di kabupaten Pegunungan Bintang yang menuntut seorang Kepala Daerah agar diganti karena demo berasala dari kehendak masyarakat.

 

“Kami mendukung demo masyarakat yang menuntut Bupati harus diganti. Karena demo yang dilakukan berdasarakan penilaian dari masyakaratk terhadap kepemimpinan seorang Kepala Daerah,” kata Kasipmabin, Kepada Wartawan di Abepura, Kamis (19/4).

 

Menurutnya, tuntutan masyarakat agar bupati diganti adalah bagian dari kesalahan dan perilaku serta tindakan bupati sendiri yang dinlai salah dari masyarakat setempat.

 

“Jadi, mereka yang demo sebanyak 34 perwakilan distrik Kabupaten pegunungan Bintang. Mereka sedang menunggu Pjs Gubernur Provinsi Papua, Saodarmo meminta agar bupati harus diganti. Jika, tidak diganti, masyarakat punya kewenangan untuk memilih bupati baru,” ujarnya.

 

Menyikapi demo, MRP sebagai lembaga kultur atas hak-hak dasar Orang Asli Papua (OAP) akan tidak melindungi orang yang bersalah. Namun, membelah kebenaran, meski demo.

 

“Karena selama dua tahun terakhir, masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang tidak menikmati pembangunan dan kesejahteraan yang semestinya dirasakan masyarakat, baik dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sektor lainnya. Ini menjadi pertanyaan bagi  masyarakat,” katanya.

 

Kasipmabin, pernah memberitahukan sebuah pernyataan kepada bupati, kalau penilaian masyarakat akan dinilai saat pekerjaan seratus hari kerja. Bila salah bertingkah, berarti masyarakat mencaplok raport merah.

 

“Masyarakat akan menilai kalau, bupati Pegunungan Tengah mendapatkan raport merah, makanya mereka demo,” katanya.

 

Pewarta   : Alexander Goba

#Budaya

Baca Juga, Artikel Terkait