Paslon YU-KA Perolehan Suara Terbanyak 1.072 di 7 TPS Kabupaten Intan Jaya

23 Hari yang lalu

NASIONAL & DUNIA

ADMIN


JAYAPURA, KABAR MAPEGAA.com – Setelah melakukan pemilihan suara ulang di 7 TPS Kabupaten Intan Jaya, Papua yakni Kampung Emondi Distrik Sugapa, 4 TPS, Kampung Soali, kampung Unabundoga, dan Kampung Tausiga Distrik Agisiga masing-masingnya di setiap 3 kampung tersebut, 1 TPS. Jadi jumlahnya 3 TPS. Hal itu, dinyatakan Pasangan Calon nomor urut 02, Yulianus Yapugau dan Yunus Klabetme memperoleh suara terbanyak  1.072 ditambah dengan suara awal sebanyak 33.958 jadinya 35.030.

 

Pemilihan suara ulang dan pengumutan suara ulang (PSU) di 7 TPS telah dilangsungkan, Selasa, (11/07/17) Pada pukul: 08:00 sampai pukul: 18:30 WP di Distrik Sugapa, Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya.

 

Septinus Tipagau Selaku Ketua Tim Sukses YU-KA, Kepada Wartawan kabarmapegaa.com Melalui Via Short Message Service (SMS), mengatakan, sesuai Amar Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) memang diriny beserta rekan-rekannya sudah ikuti dari awal sampai saat ini. Dan hasil paslon nomor urut 2 Yulius Yapugau dan Yunus Klabetme sudah unggul suaranya. Hal itu dikatakan, sebab awalnya paslon nomor urut 01 raih 8.636 suara, Paslon nomor urut 2 mengkantongi 33.958 suara, paslon nomor urut 3 mengkantongi 31.476 suara. Dan sisa ini, ditambahkan dari suara dasar, sesuai Amar Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) saat naikkan pengaduan disana.

 

Berdasarkan suara tambahan dengan hasil PSU di 7 TPS, kata dia bahwa, Paslon nomor urut 1 meraih 120 suara ditambah dengan suara dasar 8.636 suara, maka jumlahnya 8.756 suara. Paslon nomor urut 2 meraih 1.072 suara ditambah dengan suara dasar 33.958 suara, maka jumlahnya adalah 35.030 suara.

Paslon nomor urut 3 meraih 2.052 suara, ditambah dengan suara dasar 31.476 suara, maka jumlahnya adalah 33.528 suara. Dan Paslon nomor urut 4 kosong, maka suara dasarnya pun tidak berubah yaitu 1.928 suara.

 

“Sehingga, pihaknya mengaku bahwa paslon nomor urut 2 boleh dinyatakan menang di lapangan sesuai dengan tanggal 24 Februari 2017 lalu, yang perna disaksikan oleh semua pihak, saat merekomendasikan SK Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Intan Jaya oleh KPUD dan Bawaslu Kabupaten setempat,”ujarnya.

 

Sementara itu, Melinus Kobogau selaku sekretaris Tim Sukses YU-KA, mengatakan, sesuai Amar Putusan Mahkamah Konstitusi (MK), pihaknya beserta peserta bakal calon maupun masyarakat Kabupaten Intan Jaya telah lalui semua petunjuk dari Mahkamah Konstitusi (MK) dan sesuai dengan itu kami paslon nomor urut 2 Yulius Yapugau dan Yunus Klabetme sebagai Bupati dan wakil Bupati terpilih di Kabupaten Intan Jaya periode 2017-2022.

 

“Sehingga, saat ini, kami tinggal tunggu waktu untuk pelantikan saja, sesuai suara yang unggul di lapangan terbuka Yokatapa Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya. Sebab kami paslon nomor urut 02 dan semua pendukung nomor urut 02 kami sudah pawai di Kabupaten Intan Jaya dan di Kabupaten Nabire juga. Walaupun KPU Provinsi Papua, KPU Pusat, Bawaslu Propinsi Papua, Bawaslu Pusat dan Panwaslu Kabupaten Intan Jaya belum Pleno di tingkat KPU.

 

“Memang kami sudah tahu pembagian suara dari 7 TPS itu, sebab PPD Distrik telah Pleno di tingkat Distrik, san itu pun di depan publik, sehingga kami sudah tahu, pasangan nomor urut 02 menang,”pungkasnya.

 

Pewarta    : Daniel Hagimuni

 

Editor        : Alexander Gobai

Foto Kabar Peristiwa