Pelajar SMA Negri 6 Agadide, Paniai Dibekali Mata Pelajaran Tambahan “Jurnalistik”

16 Hari yang lalu

PENDIDIKAN

ADMIN


PANIAI, KABAR MAPEGAA.com – Pelajar di Tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 6 Agadide Kabupaten Paniai, Papua mendapatkan penambahan mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang Jurnalistik. Kegiatan itu dilaksanakan Media Portal Online KABAR MAPEGAA pada bulan Awal Oktober 2017 di sebuah ruangan SMA Negeri 6 Agadide.

 

Pelajar yang mengikuti pembekalan ini mulai dari kelas 8 dan 9. Mereka sangat berantosias menerima mata pelajaran Jurnalistik karena dirasa penting dan tak ada mata pelajaran tesebut meski ada mata pelajaran Bahasa Indonesia, juga karena dirasa bangga Karena kakak-kakak yang berasal dari Agadide yang sudah terlibat dan menjadi pelaku di dalam media.

 

Ketika ditanya sala satu pelajar yang mengikuti  pembekalan itu, Imakulata Yogi menuturukan, dirinya senang bisa menerima mata pelajaran tambahan jurnalistik. Karena selama ini, saya pikir, jurnalistik itu seperti apa. Namun, ternyata, kali ini, saya dapat mengetahuinya meski belum sepenuhnya.

 

“Saya sudah mulai tahu, mana informasi yang  tipu dan tidak , tapi, tahu dari gaya pembicara orang, apakah informasi ini benar dan tidak, hanya saja belum tahu menulis berita secara formal, kalau berbicara dari mulut, itu bisa membedakan dan bisa menjelaskan  berdasarkan 5W+1H,”Jelasnya yang punya niat menjadi penulis.

 

Sementara itu, Redaktur Opini, Ancelmus Gobai yang membagi ilmu jurnalistik kepada pelajar, menjelaskan bahwa dilakukan kegiatan ini karena dirasa penting untuk memberikan penambahan mata pelajaran Bahasa Indonesa lebih kepada Jurnalistik agar mereka dapat mengetahui apa itu  media, peran media dan jurnalistik.

 

Selain itu, Pelajar juga harus mengetahui keburukan dan kelebihan media. Karena selama ini banyak media yang membolak-balik fakat di lapangan. Oleh karena itu, mereka harus diberik pembekalan sehingga dikemudian hari tidak tertipu oleh pemberitaan media.

 

“Mereka (pelajar), mulai dari sekarang memasang kuda-kuda yang baik, agar kedepan tak mendapatkan masalah pemberitaan yang tipu-tipu,”kata Gobai Kepada Wartawan kabarmapegaa.com, Kams, (30/11/17).

 

Dirinya menyadari setelah memberikan pembekalan, ternyata mereka (pelajar) sangat membutuhkan ilmu-ilmu tambahan yang berkembangan di Papua, Nasional bahkan Internasional. Akibat dari tiap permasalah itu bisa diketahui oleh mereka, sehingga sewaktu-waktu mereka tamat tidak ragu untuk menghadapinya.

 

“Saya merasa bangga, karena mereka punya niat ingin tahu banyak hal tentang perkembangan dunia, salah satunya media. Hal ini membuat diri saya merasa terpanggil dan memanggil kakak-kakak senior lainya juga bisa memberikan pemahaman kepada adik-adiknya,”ungkapnya.

 

Harapan, saya dengan kehadiran media Kabarmapegaa.com,  terus memberika pemahaman kepada pelajar di kota maupun  di daerah distrik. Karena menurutnya, memberikan pemahaman itu sangat penting untuk langkah mereka kedepan.

 

“kami akan terus membagi ilmu kepada mereka (pelajar) di daerah-daerah,”katanya.

 

Pewarta               : Yustus Muyapa

 

Editor                    : Alexander Gobai

 

Foto Kabar Peristiwa