Rumah Budaya Meepago:  Diminta Perhatian Serius dari Pemda

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
MEEPAGO

Tentang Penulis
Admin Redaksi Kabar Mapegaa Online
KOndisi terkini, Anjungan rumah budaya barak Meepago di Taman Budaya, Expo, Waena, Jayapura. (Foto: Yosafat/KM.Ist)

 

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com--Anjungan rumah budaya barak Meepago yang terletak di Taman Budaya, Expo, Waena, Jayapura, Papua mengalami kerusakan parah, sehingga diharapkan perhatian serius dari pemda di wilayah Meepago.

 

Hal ini disampaikan Katcia Pakage, salah satu penghuni tetap di anjungan rumah budaya Barak Meepago, saat ditemui awak media kabarmapegaa.com di Expo Waena Jayapura, Rabu, (17/5/2018) lalu.

 

Kata Ketcia Pakage, penghuni merindukan kepekaan pemerintah Daerah (Pemda) Meepago untuk renovasi rumah adat tersebut karena sudah tidak layak dihuni.

 

“Anjungan ini, dihuni 50 lebih mahasiswa asal Mepagoo di Jayapura. Sehingga kami minta pemda dapat akseskan pembanguan gedung baru atau renovasi rumah adat yang juga sebagai aset pemerintah daerah ini,” kata Ketcia Pakage pada kabarmapegaa.com, saat ditemui Expo Waena Jayapura, Rabu, (17/5/2018).

 

Pemda lanjut Ketcia,  peka melihat keadaan  riil kondisional taman budaya,  Anjungan rumah budaya ini. Ini adalah aset pemerintah daerah wilayah adat Meepago melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan.

 

“Untuk itu, rumah adat kita yang terdapat di kota Madya ini, harap diperhhatian serius oleh pemerintah daerah, untuk kedepan yang lebih baik,” bebernya. 

Katanya, Jika tidak pulihkan rumah adat kita maka tentunya jaman akan mengancam jati diri sebagai orang adat tetap punah.

 

“Renovasi pembangunan rumah adat anjungan Meepagoo dapat perioritaskan agar harapan besar aset suku banggsa, atau lebih pada adat istiadatnya tak berkalah, dari jaman modern,” tutup penguni setia Ratcia Pakage di unjung pembicaraannya.

 

Pewarta: Yosafat Maii Muyapa

Editor: Manfred Kudiai

 

  

#Budaya

#Pemerintahan

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait