Tokoh Pemuda Dogiyai Desak Penerimaan CPNS Utamakan Putra Daerah

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

22 Hari yang lalu
POLITIK DAN PEMERINTAH

Tentang Penulis
Admin Redaksi Kabar Mapegaa Online
Tokoh Pemuda, Musa Boma. (foto: Doc.Ist)

 

DOGIYAI, KABARMAPEGAA.com - Penerimaan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang rencana akan diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Dogiyai nanti,  tokoh pemudan Dogiyai, Musa Boma desak mengutamakan putra daerah setempat. Kamis (31/5/2018).


Musa menjelaskan, Kabupaten Dogiyai bisa menjadi sebuah kabupaten karena adanya rakyat Dogiyai bukan karena rakyat pendatang yang notabenenya hanya datang mencari makan di daerah orang lain atau kabupaten Orang lain.


"Kepada yang Muliah Bapak Bupati Kabupaten Dogiyai Yakubus Dumupa, S,IP, Bapak Kabag Kepegawaian, Dogiyai harus sebagai pengambil kebijakan publik dalam lingkungan Pemda Kabupaten Dogiyai. Memperhatikan Nasib anak negeri daerah itu bagian dari mengaplikasikan Undang-Undang Nomor 32 tentang Sistem pemerintahan daerah dan satu integral yang tak bisa dipisahkan yakni Turunannya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua," kata Musa Boma saat dibungi  via telepon, Kamis (31/5/2018).


Menurutnya dalam UU sudah jelas bahwa mengatur dan mengurus urusan pemerintahan itu oleh pimpinan itu masing masing.


"Perlu tahu oleh Pihak pemerintah bahwa dalam UU itu hanya lima sekmen yang pemerintah Pusat belum berikan kewenangan secara penuh kepada Gubernur, Wali Kota, dan Bupati yakni Fiskal dan Moniter, Pengadilan, Kemiliteran, hubungan luar Negeri, dan urusan agama luar Negeri yang lain itu kewenangan secara total sudah di limpahkan di tangan pemerintah itu sendiri."


Pembukaan Pengumuman Penerimaan CPNS 2018 yang dimaksud dijadwalkan sekitar bulan Oktober 2018 nanti dengan formasi Jabatan yang akan dibuka oleh Pemda Kabupaten Dogiyai untuk CPNS 2018 nantinya adalah seperti Tenaga Guru, Tenaga Teknis, Tenaga Kesehatan, Tenaga Penyuluh dan Tenaga Lainnya.

 

Untuk itu, Boma minta  pemerintah Kabupaten Dogiyai untuk memprioritaskan putar  daerah, memberikan kepercayaan  untuk memajukan daerah asal mereka. "Karena orang Dogiyai juga mampu menjangkan sistem pemerintahan itu  jangan merampas,"  tutup Musa Boma.


Untuk diketahui, Pemda Dogiyai membuka Penerimaan CPNS  untuk tahun 2018 dengan alasan utama Pemda Kabupaten Dogiyai masih tetap akan membuka CPNS 2018 adalah lantaran masih kekurangan PNS dan banyaknya PNS yang pensiun tiap tahunnya.

 

Admin/KM

#Pemerintahan

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait