Ucapan Selamat Ulta AMP XIX Membanjiri Media Sosial

Cinque Terre
Alexander Gobai

6 Bulan yang lalu
KABAR PAPUA

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

YOGYAKARTA, KABAR MAPEGAA. com - Ada hari yang dirasa spesial bagi kebanyakan orang di saat  Hari Ulang Tahun. Bagaimana sikap mahasiswa Papua  menghadapi hari ulang tahun Organisasi Aliansi Mahasiswa Papua.
 

Sebelum mencapai hari puncak peringati Ulta lahirnya AMP, Ucapan selamat ulang tahun  pun membanjiri media sosial. Baik itu di Twitter, Facebook, maupun Instagram.
 

Namun mari kita simak bersama, perjalanan terbentuknya Aliansi Mahasiswa Papua. Organisasi AMP  yang pertama kali dibentuk oleh mahasiswa asal Papua, ini akan memasuki pada usia yang ke-19 tepat  pada tanggal, 27 Juli 2017 besok.
 

Pada tahun lalu, tepat pada tanggal 27 Juli 2016 belum lama ini, AMP memperingati 18 tahun hari lahirnya. Dalam refleksinya, Komite Pusat AMP menyatakan organisasi mereka kian dewasa dan mantap dari segi ideologi maupun politik. AMP pun menyerukan anggotanya terus menjaga soliditas.
 

Aliasnsi Mahasiswa Papua berdiri berlandaskan pada Visi dan Misi yang jelas. Profil singkat tentang apa yang diperjuangkan oleh Aiansi Mahasiswa Papua dapat dilihat seperti yang media ini kutip dari akun Fb milik AMP Pusat dibawa ini:

 

Foto Doc. Aliansi Mahasiswa Papua. sumebr: AMPNews

 

Kini hari bersejarah ini akan disambut meria oleh mahasiswa Papua yang sedang mengayam pendidikan di Pulau Jawa dan Bali. Karena hari istimewa, akan ditandai dengan kehiduapan luar Rahim sebagaimana seorang ibu melahirkan anak.  Sebagai syukur tentunya akan merayakan berbagai kegiatan. Sebagai kebiasaan, hadiah ulang tahun akan membanjiri yang diberikan secara istimewa selayaknya sebagai seorang manusia. Kepada Organisasi AMP pun akan  memperlakukan secara istimewa pada hari ulangtahun.
 

Dengan ini, Mahasiswa Papua, bertubi-tubi update status di media social dengan ucapan selamat, harapan dan cita-cita mereka untuk mewujudkan misi utama atau motto organisasi mereka “Hak Menetukan Nasip Sendiri Sebagai Solusi Demokrasi Bagi Rakyat Papua.”
 

Untuk itu, mari  kita simak  ucapan salam berikut ini:
 

Dari Ketua Badan Pegurus Pusat Aliansi Mahasiswa Papua, Jefry Wenda di dinding Fbnya menuliskan, “ Secara pribadi saya minta maaf jika selama ini saya salah. Hormat saya, hanya buat mereka yang setia (di-jalan) mengabdikan dirinya untuk terus memperjuangkan hak-hak demokratik Rakyat Papua Barat, dibawa prinsip-prinsip organisasi, persatuan dan solidaritas. Salam HUT AMP yang ke 19. 27Juli 1998 -- 27Juli 2017”
 

Kemudian dikomentari oleh pemilik akun Melanesia Fredom: “Selamat hari jadi aliansi mahasiswa papua...Tuhan Allah yg menciptakan orang papua/bangsa papua dan yg menjadikan alam papua menyertai langkah kalian dlm perjuangan kalian...slamatkan generasi papua dan tanah leluhur kita west papua...wa wa wa...”

 

“Sering kali kebenaran adalah satu sisi yg terang, namun sisi gelap terlihat. Kebenaran memiliki beberapa sisi, yang terlihat dan tidak terlihat. (IW)” komentar setelah Melanesia Fredom oleh Ibiroma Wamla.
 

Kemudian dari Jeeno Alfred Dogomo, di akun Fbnya menuliskan:


“Sudah 19 Tahun Kita lalui bersama dari Generasi ke Generasi Membuat Kita Mengerti arti penting Dari perjuangan pembebasan West Papua. Pada Momen 19 Tahun ini mari kita kembali Merefleksi diri (Individu) Maupun Organisasi agar Dapat Mencapai Tujuan Bersama. HAK MENENTUKAN NASIB SENDIRI UNTUK BABGSA WEST PAPUA. Ayoo kawan dtang dan turut berpartisipasi sebagai Generasi yang rindu akan KEBEBASAN .”
 

Status ini disukai oleh sedikitnya 69 penguna Fb, satu kali dibagikan dan dikomentari oleh lima penguna Fb (terakhir saat komentar di petik media ini).

 

 

Sementara itu, pantauan media ini, di Twitter dan Instgaram juga mengucapkan ucapan selamat yang serupa dalam jumlah  tak kala dengan yang  di Fb. Kemudian ucapan selamat tersebut  bukan hanya mahsiswa Papua yang merayakan hari ulta namun ada juga non Papua yang ikut berpartisipasi tuk merayakan dan memberikan kado istimewa kepada hari Ulang tahun AMP.
 

Salah satunya adalah dari solidaritas rakyat Indonesia untuk Papua, atasnama Danial Indrakusuma. 20 Jam yang lalu, dalam akun Fbnya,  yang diteruskan oleh Dogopiyaibo Papua,  menulisakan:



KADO ULANG TAHUN AMP: Hari Lahir Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) (27 Juli 1998- 27 Juli 2017)



Bila Aku Papua



Bila aku Papua
Badanku akan hitam
tak bisa ditembus cahaya kejahatan
Rambutku akan hitam
bagai hutan lebatku yang tetap lembut
saat ditinggal matahari
Mataku akan lebih hitam
karena aku telah menghirup uap granit
dari tubuh pijakan kuda-kudaku
Rahangku akan hitam
karena harus menyangga gunung-gunung
yang selalu diselimuti legam abu-abu tua mendung abadi
Bahuku akan hitam
layaknya berjuta tahun tegap dibebani malam dinding-dinding bukit
Tanganku akan hitam
dibakar gua gua emas
di selingkaran terjal terjal perut bumiku
Demikian lah indahnya hitam
karena itu
jiwaku akan hitam
yang tak pernah meratap
lazimnya jiwa yang paham bahwa merdeka adalah sukmaku
yang tak pernah terampas
bagiku merdeka adalah bintang-bintang timur
yang tak goyah
tak redup
oleh datangnya pagi
pagi lah yang menemani bintang bintang timur hasrat merdekaku
merdekaku tak boleh dirampas
karena merdekaku adalah
senjata merdeka bangsaku yang akan indah jiwanya
apa lagi
kalau bukan jiwa merdeka.
 

Aku akan hitam
layaknya Papua Merdeka
walau aku orang Indonesia
karena ingin baik hati,
jiwa yang indah.
 

Status ini disukai kurang lebih 30 orang, dibagikan ulang sebanyak dua kali.
 

Sampai detik ini, di akun  resmi Fb milik AMP membanjiri kutipan ucapan selamat atas ulangtahun organisasi Aliansi Mahasiswa Papua. Dikabarkan pula bahwa, apa yang dimuat diatas sebagai perwakilan dari sekian banyak updatetan status di media social, lebihnya di Facebook.


(06/Red/KM/VI/16)
 

 

Baca Juga, Artikel Terkait