200-an Peserta Aksi Hari Buruh dan Aneksasi Papua Long March Menuju Titik Nol Kilometer Yogya

Cinque Terre
Alexander Gobai

3 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com—200-an massa aksi  yang tergabung dalam KOMITMEN 1 Mei “ dimobilisasi oleh Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Yogyakarta, Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP), Pusat Perjuangan Mahasiswa untuk Pembebasan Nasional (PEMBEBASAN) Yogyakarta mulai long march pada puku 10.15 WIB dari titik kumpul asrama mahasiswa Papua, Kamasan I, Jl. Kususmanega menuju titik nol kilometer, Selasa  (01/5/2018) pagi ini.

 

Massa aksi  ini begitu antusias mengikuti aksi yang merupakan peringatan hari buruh nasional dan 55 tahun aneksasi Papua kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sambil berjalan menuju titik nol, beberapa orator aksi meneriakkan “ Hidup Mahasiswa Papua, Hidup Mahasiswa Indonesia yang melawan, Hidup Buruh” dan mereka juga menyanyikan berbagai nyaniyan, salah satunya adalah “ Papua bukan merah.”

 

Zuzan G, orator dari AMP Jogja mengatakan, hari ini kami turun aksi tidak hanya peringati hari buruh se-Dunia tetapi kami juga  turun untuk menyikapi  Hari Aneksasi Papua 1 Mei 1963.

 

“Hari ini kami kami turun aksi untuk menyikapi hari aneksasi Papua dan  Hari Buruh se-Dunia, kami menolak  aneksasi  55 tahun Indonesia atas west Papua dan berikan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokrasi bagi rakyat Papua Barat,” teriak Zuzant  dalam orasinya yang di petik media ini, Selasa (1/5/2018) di Jl. Kusumanegara, depan makan Pahlawan Jogja.

 

 

Pewarta: Manfred Kudiai/Herman Mote

 

 

Baca Juga, Artikel Terkait