5 Kodap Wilayah Meepago Kibarkan Bendera Bintang Kejora

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

6 Bulan yang lalu
POLITIK DAN PEMERINTAH

Tentang Penulis
Foto Bersama 5 Kodap Wilayah Meepago, (Doc, Frans Pigai/KM.)

 

 

DEIYAI, KABARMAPEGAA. COM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan bangsa Papua Barat yang ke-59, 5 Komando Daerah Pertahanan (Kodap) Wilayah Meepago kibarkan bendera Bintang Kejora pada Selasa, (01/12/2020) di Onago, Deiyai - Papua.

 

Ketua Kodap Emas Topo Nabire, Derek Nawipa mengatakan kepada media www.kabarmapegaa.com pada kamis (3/12/2020) bahwa, “kegiatan ini merupakan hari kemerdekaan Papua yang ke-59 tahun. Maka, rakyat pun harus menyadari bahwa 01 Desember sebagai hari kemerdekaan bangsa Papua yang hakiki.”

 

“5 Kodap Wilayah Meepago mengibarkan bendera Bintang Kejora dengan tujuan untuk membangun kekuatan persatuan yang kuat dalam pergerakan-pergeralan organ politik pembebasan.” kata Nawipa.

 

"5 Kodap yakni: 1) Kodap Emas Topo Nabire dengan nomor registrasinya IX,  2) Kodap Odiyai-Dogiyai dengan nomor registrasinya X,  3) Medauma-Medepi dengan nomor registrasinya XI,  4) Intan Jaya dengan nomor registrasinya XXIX, 5) Noukai-Deiyai dengan nomor registrasinya XXXIV." jelasnya Derek.

 

“Kegiatan ini sangat berarti bagi kami, karena melalui persatuan kami menjadi satu, juga jadi satu hati dan satu tujuan sebagai bentuk perlawanan secara bersatu untuk runtuhkan penjajahan karena kebebasan itu hak bagi yang bersatu dan lawan untuk merebut kembali kemerdekaan suci” ucapnya Derek.

 

Matius Gobai menambah bahwa,“ kami 5 Kodap wilayah Meepago kibarlan Bintang Kejora di hari kemerdekaan bangsa Papua sebagai ucapan syukur dan berterima kasih kepada para pahlawan yang telah mendahuluhi kita dalam medan perjuangan sejarah dan pahlawan bagi sejarah itu sangat berarti bagi rakyat dan tanah Papua”

 

“Untuk memperingati hari kemerdekaan ini, kami pun menyadari bahwa berjuang itu butuh kesadaran yang merakyat sesuai realita penjajahan yang ada di bumi Papua. Perjuangan kami adalah perlawanan murni dari politik pembebasan bangsa Papua.” kata Gobai.

 

Lanjut Matius, “dengan adanya persatuan ini kami 5 Kodap wilayah Meepago bergerak secara sadar dan bersatu. Karena melalui persatuan mesti ada perlawanan yang kuat, guna runtukan penjajahan terhadap rakyat dan sejarah bangsa Papua.”

 

“Bintang Kejora berkibar di tanggal 01 Desember  merupakan hari kemerdekaan bagi bangsa Papua Barat.  Seluruh rakyat Papua harus memperingati untuk mengenang kembali jasa para pahlawan sejarah bangsa Papua yang telah mendahului kita.” tutupnya Gobai.

 

Pewarta: Frans Pigai/KM

Editor: Admin/KM

#Politik

#TPNPB-OPM

Baca Juga, Artikel Terkait