Parpol Pilar Penting Dalam Pesta Demokrasi  di Tanah Papua

Cinque Terre
Alexander Gobai

4 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

Oleh, Norbertus Hae*)


OPINI, KABARMAPEGAA.com – Parpol pilar penting dalam berdemokrasi di seluruh tanah Papua pada tahun 2019 yang mendatang. Partai Politik (Parpol) adalah lembaga dan pilar penting untuk memastikan ritual bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara terjadi secara demokratis.


Pemerintahan berjalan dan terus bekerja berkesinambungan lewat partai politik yang sehat, kuat, dan berenergi yang melekat dengan rakyat.


Rakyat sendiri adalah sang pengadil karena rakyatlah yang menentukan apakah Parpol itu yang jadi pilihannya atau tidak. 


Singkatnya rakyatlah pemilik kedaulatan bernegara lewat suara yang akan dijatuhkannya untuk pilihannya, bila ia suka dipilih, sebaliknya bila tidak suka dipilih.


Epicentrum politik ada di tangan rakyat. Itulah mengapa disebut kedaulatan rakyat. Tetapi, tidak ada manfaatnya suara rakyat, itu jika tidak ada Parpol untuk dipilih.


Rakyat dan Parpol satu kesatuan seperti dua sisi mata uang yang saling melengkapi untuk memutuskan pada mata uang pada negara tertentu. Sesungguhnya, politik itu mulia. Maka, berpolitiklah untuk memastikan ritual bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tetap terjaga dengan baik.


Mari bersatu, menunjukkan satu kekuatan dalam berdemokrasi yang sehat, aman, damai, dan tentram untuk mencapai pada berdemokrasi yang akurat dan sehat. 


Oleh karena itu, sebagai perlawanan dalam Parpol, harus memikirkan bahwa tidak ada yang merugikan bagi masyarakat, tetapi harus mempunyai visi dan misi yang jelas untuk menyukseskan pesta demokrasi 2019 di tanah Papua agar tercipta kedamaian dalam berdemokrasinya.


Penulis adalah Seorang Aktivis Partai Politik di Tanah Papua


Editor: Frans Pigai
 

Baca Juga, Artikel Terkait