Perlu Pemberdayaan SDM Bagi Harapan Masa Depan Papua

Cinque Terre
Alexander Gobai

7 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

Oleh, Yohan Gobai

 

OPINI, KABARMAPEGAA.com – Akan seiring dinamika kehidupan akan melanda sebua hal problem pada genersasi muda yang belum tentu dengan masa depannya itu sendiri. Hanya karena, tindakan secara efektivitas dan produktif melalui; pemerintah, pendidikan, agama, sosial, budaya serta pembinaan dari pada orang tuanya. Untuk memfasilitas menuju pemberdayakan generasi anak muda Papua, maka mereka akan dijuangkan sambil menentukan anak itu akan kearah mana dan menentu pada harapan bagi hak untuk masa depan Papua.

 

1) Harapan pertolongan masa depan dari pada mereka, anak muda Papua itu sendiri

 

Harapan dari generasi anak muda Papua, yang selalu mereka menanti-nantikan pertolongan dari lain, untuk harapan masa depannya mereka serta di hari-hari hidupnya yang terberantakan, sedangkan mereka generasi muda Papua sampai hari ini belum mengetahui, dari manakah? Akan hendak pertolongan itu akan datang, ibaratkan kata, sebua kapal putih yang sedang berlayar diatas lautan fasifik yang tanpa terkemudi pada tujuannya kapal itu.

 

2) Tolak ukur dari mereka generasi muda Papua, terhadap pihak yang punya berpower untuk konsisten mempasilitasi generasi anak muda Papua

 

Harapan dari generasi muda Papua, kepada pihak yang berhak memiliki power melalui kebijakan dan bertanggung jawab atas problem atau hal kendalanya yang selalu mereka rasakan oleh generasi anak muda Papua, yang diharapkan pertolongan kepada pihak.

 

a) Pemerintahan Provinsi dan Daerah Papua dan Papua Barat gubernur dan bupati Papua serta jajarannya; b) DPRP/DPRD Papua; c) Pendidikan dan kesehatan Papua; d) Berbagai Agama yang ada di Papua; e) Berbagai sosial budaya yang ada di Papua; dan f) Pembinaan dari orang tuanya itu sendiri.

 

Dengan demikian kembali kepada pihak tersebut, yang terlebih kuhsusnya kepada GUBERNUR, bupati, DPRP dan DPRD dan instansi lainnya. Melalui kebijakan pengaturan program kerja realisasinya itu, untuk mempasilitasi fulltime kepada, (pendidikan, kesehatan agama ekonomi dan sosial budaya, ekonomi serta yang berkait) melalui alokasi dana APDN, APD, ABT dan Otonomi Khusus dari tingkat pemerintahan pusat maka, harus secara tindakan idealis dan trategis serta produktifitas dan efisiensi yang berkonkrit serta memastikan melaluinya itu. Untuk dapat mempasilitasi kepada generasi anak muda Papua, dan mereka generasi Papua diharapkan dipasilitasi oleh gubernur, bupati serta DPRP/DPRD dan yang terkait, bukan hal itu kecemburuan dan bukan hal ini juga mengelu dari generasi Papua kepada pemerintah, tetapi ini kewajiban harapan dari pada memerintahan, karna kami generasi ini juga bagian dari kaki tangannya dari pada pemerintahan dan agama serta suku bangsa dan negara agar mereka juga dapat rahi pada tujuan yang diharapkan itu sendiri.

 

3) Yang menjadi bahan pertanya dari mereka generasi muda Papua, kepada yang berpower

 

Kami generasi muda papua adalah kaki tangan dari pada pemerintah agama dan lainnya. Namun, kepada siapakah yang bisa kalian menolong kalau bukan kami generasi muda Papua, kemudian pemerintahan agama dan lainnya ada karena, kami generasi Papua ada, kemudian kami generasi muda Papua ada, karna ada pemerintahan agama dan lainnya. Harapan kita adalah satu tujuan dan satu komando secara kita bersama, namun harapan kami kepada pemerintahan Papua harus mempasilitasi secara konsisten kami didalam semua bidan linih, agar kami sebagai tulang punggung anak muda Papua juga bisah mempertahankan suku bangsah dan negara kita bersam.

 

4) Sebua hal yang menjadi terkesan dan terpesen lalu anak muda Papua mengalami kesedian dihari-harinya kami itu

 

Semua karunia bakat dan kelebihan sesuai bidannya yang Tuhan berikan kepada setiap semua orang serta suku bangsa dan negara lain itu sama dan semua pasti seimbang, namun kami generasi Papua menilai dan melihat hal faktanya melalui kemajuan di semua bidang lininya mereka, sedangkan kami generasi muda Papua dapat terberantakan dan selalu mengalami kehancuran, namun kita mau salahkan siapa? (Si-A atau si-B) dengan demikian semua keberhasilan tergantung rasa percaya oleh pihak yang berpower melalui; pemerintahan, pendidikan, agama serta sosial budaya dan yang terkait, maka melaluinya harus tingkat sponsor dan dipasilitasi di semua lini bidang yang ada di Papua untuk kita juga akan dimainkan sebuah hal dimainkan yang ter-ada.

 

5) Solusi dari kami generasi anak muda Papua

 

Segalah sesuatu hal besar bisa kita kecilkan, bilah kami ada dukungan dari Pemerintah kepada kami generasi Papua, siapa yang bilang generasi anak muda Papua tidak bisa, melainkan orang bilang segala kesuksesan itu coba ayun raba dulu agar menjadi bisa, orang sebelum mencoba atau melakukan sesuatu itu otomatisnya tidak bisa.

 

Namun, kami generasi muda Papua juga akan mencoba mengukir sesuai harapan impian kami, yang terpenting kami generasi Papua tekankan kepada, dukungan kebijakan melalui program kerjanya oleh (gubernur, bupati dan DPRP/DPRD serta yang terkait mengsponsor dan mempasilitasi kami anak muda Papua secara konsisten efisiensi netralitas yang terefektif agar tercipta SDM yang memberdayakan manusia Papua guna kesejahteraan bangi kehidupan rakyat setempatnya.

 

Penulis adalah Mahasiswa Papua, Kuliah di Papua

Editor: Muyepimo Pigai

Baca Juga, Artikel Terkait