Ada Apa 500 Personel TNI Tiba di Paniai

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

8 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Yunus Gobai/KM

 

 

PANIAI, KABARMAPEGAA.COM-- Sebanyak 500  personel TNI dari berbagai kesatuan Batalion tiba di kabupaten Paniai Papua, Jumat 13 Desember 2019 jam 8:30. Prajurit didatangkan khusus dengan Jumlah total saat ini 500 personel. Kedatangan  prajuruit untuk apa dan mengapa adalah sebuah pertanyaan pertanyaan masyarakat Paniai setempat.

 

Bulan  desember adalah bulan Natal, bulan kelahiran Tuhan Yesus bagi umat nasrani. mengapa bertambah Militer Indonesia di Tanah Papua, kami bukan mengundang militer hadir dalam diri kita tetapi kami sedang merenung kehadiran Tuhan dalam hati kami.

 

Kali ini di Kabupaten Paniai ibu kota Enarotali pada Jumat (13-14/12/2019). Sepertinya Negara Indonesia benar-benar melihat orang Papua seperti kelompok Isis.

 

Apa alasan negara ketika masif dan terus ada penambahan militer diatas tanah Papua. Apa lagi bulan ini adalah bulan perayaan natal bagi umat Nasrani.Tidak boleh ada militer yang bersenjata di kampung-kampung daerah Papua.

 

Masyarakat Papua dalam skeptis hari ini, mengapa terus di tambah militer di Papua. Apakah orang Papua pakai bom membantai non Papua di rumah-rumah dan tempat beribadah? Apakah warga asli Papua punya senjata dan membunuh anak-anak dan perempuan disana? Apa jawabanya? Apa yang Negara mau dari Papua ketika kekayaan alamnya orang Papua sudah di kasih ke Jakarta. Orang Papua hanya dapat sebagian kecil sebagai apresiasi punya alam.

 

Rakyat Paniai  Papua Terus  di Takuti,

 

Prajuruit TNI Kabuapten Paniai hari Jumat 13 Desember 2019 jam 8:30 tadi pagi, ada 4 helikopter TNI-AU 1 diantaranya adalah heli Puma  mendarat di lapangan terbang Enarotali  bertujuan mendorop Militer Indonesia, yang berjumlah anggota 500 prajurit TNI-AU yang bersenjata lengkap.

 

Militer Indonesia TNI-AD saat mereka menampung di salah satu gedung yang bernama Gedung serbaguna Uwata Wogi Yogi, Gedung ini selalu di pake untuk berbagai kegiatan oleh pemerintah dan masyarakat Paniai pada umumnya namun saat ini, sedang di ambil oleh Militer Indonesia TNI-AD untuk dijadikan gedung penampungan Militer

 

Rakyat Papua yang berada di kabupaten Paniai  terus di takuti oleh aparat militer, TNI Porli dan Brimob, dari dulu hingga memasuki bulan Desember 2019.

 

Masyarakat sipil papua barat terus di takuti dengan berbagai macam cara salah satunya membuat posko  darurat di kantor serbaguna Enarotali .

 

Kabupaten Paniai di kuasai oleh TNI POLRI, setiap tempat tempat terus di patroli, mata mata jalan di Paniai  di perketat oleh aparat, dan mebuat posko  darurat dengan alasan menjaga keamanan, ruang demokrasi Paniai papua di bungkam habis oleh aparat.

 

Penulis adalah Yunus Eki  Gobai, Tokoh Pemudah Paniai Sabtu, 14 Desember  2019.

 

#Pemerintahan

#Gereja

Baca Juga, Artikel Terkait