AJI - WWF Gelar Workshop Energi Terbarukan

Cinque Terre
Aprila Wayar

18 Hari yang lalu
NASIONAL & DUNIA

Tentang Penulis
Freelance Journalist
Workshop Virtual AJI - WWF tentang Energi Terbarukan (Aprila)

 

Yogyakarta, KABARMAPEGAA.com (31/08)Workshop dengan isu Energi Terbarukan digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama World Wide Fund (WWF) secara virtual yang diikuti kurang lebih 50 jurnalis dari berbagai kota di Indonesia selama dua hari, Minggu – Senin, 29-30 Agustus 2021

“Workshop ini merupakan upaya peningkatan kapasitas jurnalis,” kata Ika Ningtyas, Sekjen AJI dalam kata sambutannya, Minggu (29/08) pagi.

Ika berharap, semoga melalui workshop ini jurnalis lebih paham apa itu Energi Terbarukan dengan segala regulasinya, termasuk dalam Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Energi.

Workshop ini menghadirkan narasumber yang berasal dari berbagai lembaga yang memiliki keterkaitan dengan energi terbarukan itu sendiri. Diantaranya yaitu Arif Adiputro, Project Manager Indonesia Parliamentary Center; Satrio Swandiko Prilianto, Renewable Energy Campaigner Greenpeace South East Asia; Chrisandini, Energy Project Leader WWF Indonesia; Verena Puspawardani, Program Director Coaction Indonesia; Andri Prasetyo, Researcher and Campaigner Trend Asia.

“Pasal sembilan draft Rancangan Undang-undang Energi Terbarukan menyebut yang termasuk energi baru adalah nuklir dan sumber energi baru lainnya yang kemudian didetailkan lagi dalam bagian penjelasan yaitu hidrogen, gasmetana batu bara (coal bed methane), batu bara tercairkan (liquefied coal) dan batu bara tergaskan (gasified coal)” kata Satrio Swandiko  Prilianto membuka materi workshopnya yang berjudul Energi Baru dalam EBT, perlu? Pada Minggu (29/08) pagi.

Lanjutnya, dalam Pasal draft RUU EBT menyebutkan yang termasuk energi terbarukan diantaranya panas bumi, angin, biomassa, sinar matahari, aliran dan terjunan air, sampah, limbah produk pertanian, limbah atau kotoran hewan ternak, gerakan dan perbedaan suhu lapisan laut dan lain-lain. (*)

#Rilis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia

Baca Juga, Artikel Terkait