Akibat Virus Corona, Legislator Minta Rakyat Papua Hindari diri

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

6 Hari yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Keterangan Foto: Ketua I DPRD Dogiyai, Simon Pekey. (Foto: Dok Jubi/KM)

 

TIMIKA, KABARMAPEGAA.com--
Kiita melihat sejauh ini tanah Papua disebut dan dipandang sebagai Dapur Dunia, Sangat lah rumit untuk Pemimpin Daerah mengambil kebijakan tentang "Lock down". Sebaiknya Pemimpin Daerah di seluruh Papua mengambil kebijakan untuk tutup tempat-tempat keramaian. 

Hal itu dikemukakan, Simon Petrus Pekei, Ketua I DPRD Dogiyai kepada kabarmapegaa.com, Senin,  (23/03).

Menurutnya,  Pemerintah Daerah perlu mengambil kebijakan tentang Lock down. Meski Lock Down masih dalam pembahasan di Tingkat Pemerintah Papua.

"Rakyat Papua tidak boleh berharap pada Pemerintah Daerah. Tetapi, Rakyat Papua harus mampu mengatur langkah kaki guna mencegah virus Corona itu," Ujarnya.

Pekei memberikan masukan dan solusi bahwa satu-satunya adalah atur langkah diri masing-masing,sebelum Pemerintah Daerah mengambil kebijakan Lockdown, sementara data penyebaran Corona di beberapa Rumah Sakit  sudah dan sedang menyebar luas di seluruh Tanah Papua.

Terpisah, Tokoh Pemuda, Fransiskus Dou mengatakan, Presiden RI mengeluarkan Opsi tidak mengizinkan untuk melakukan lockdown dalam mencegah Covid-19 di di seluruh Indonesia karena akan berdampak pada masalah ekonomi.

Beberapa negara maju sudah lockdown demi nyawa manusia, tetapi Negara Indonesia yang masih berkembang ini masih utarakan ekonomi bukan nyawa,itu aneh.

"Mana yang lebih penting dan harus diprioritaskan, ekonomi atau nyawa manusia," Katanya.

Kata dia, tidak ada catatan sejarah dalam hidup yang mengatakan ekonomi yang menghidupkan manusia tetapi yang ada manusia yang menghidupkan ekonomi, itu artinya nyawa manusia lebih penting dan berharga dari pada ekonomi.

"Negara ini macamnya sedang babingun dalam menangani dan mencegah covid-19 yang sedang menggoncang nyawa manusia," Ujarnya.

Menurutnya, Tanah Papua harus lockdown karena lockdown adalah solusi paling tepat untuk mencengah Covid-19 buatan negara-negara kapitalis, jangan turuti dengan isu ekonomi yang sedang dibangun oleh Presiden.

"Pemda, DPRD, DPRP harus berani melawan opsi yang sudah diutarakan oleh Presiden RI untuk lakukan lockdown demi menyelamatkan nyawa manusia," Ujarnya.


Pewarta: Yunus Gobai

#Pemerintahan

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

#Politik

Baca Juga, Artikel Terkait