Aksi Bagian Terkecil dari Proses Perjuangan Pembebasan Nasional Papua Barat

Cinque Terre
Frans Pigai

2 Tahun yang lalu
ARTIKEL

Tentang Penulis
Redaktur Artikel Media Online Kabar Mapegaa (KM)
Massa Aksi/KM

Oleh, Frans Pigai*)

 

ARTIKEL, KABARMAPEGAA.com - Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan mempunyai arti luas, sehingga apa yang dilaksanakan oleh pahlawan-pahlawan di Papua merupakan peristiwa-peristiwa dalam perjuangan nasional Papua  Perbedaan antara “perjuangan” dan “pergerakan”. Pergerakan mempunyai arti yang khas, yaitu perjuangan untuk mencapai kemerdekaan dengan menggunakan organisasi yang teratur. [1]

 

Dalam konteks perjuangan kemerdekaan adalah upaya untuk untuk membebaskan diri dari cengkraman kezaliman kesewenang-wenangan dan penindasan penjajahan bangsa lain. Jarahan hasil bumi, ekspoitasi manusia dalam bentuk kerja paksa (rodi), tuntutan upeti atau pajak dari rakyat yang diluar kemampuan, monopoli perdagangan bahkan segala bentuk penindasan yang kian memuncak di atas tanahnya sendiri. Adalah contoh mengapa leluhur bangsa ini berjuang. Berjuang dari sebuah kesadaran bahwa ada hak dalam hidup ini yang diambil paksa oleh orang lain, demi meraih kembali hak itu tidak ada pilihan kecuali berjuang.

 

Tidak mudah untuk memberikan penilaian teoritik terhadap perjuangan pembebasan nasional Papua dengan situasi obyektifnya yang sangat spesifik dan kompleks. Tapi sudah menjadi tugas kaum revolusioner untuk memberikan penilaian teoritik yang tepat terhadap bentuk-bentuk baru perjuangan yang lahir dari kehidupan, sebagai panduan untuk aksi revolusioner. [2]

 

Untuk me-revolusioner-kan pada gerakan perjuangan Pembebasan Nasional Papua Barat, tidak semata-mata kita membawa perjuangan pada satu tahapan yang jauh lebih tinggi dari pada kedudukan rakyat. Hari ini, yang dapat kami lakukan hanyalah, menjaga kepercayaan rakyat, bersandar pada kekuatan rakyat, belajar dari rakyat dan mengajarkan kepada rakyat.

 

Karena massa rakyat adalah pahlawan yang sejati, dan sumur pengetahuan yang tiada tara dalamnya. Maka, kita harus menjadi murid dari rakyat agar kita dapat mengerti penghidupan dan perjuangan kelasnya untuk kemudian dapat memberikan panduan agar rakyat dapat membebaskan diri penindasan Imperialisme dan kolonialisme.

 

Menurut seorang aktivis Alisansi Mahasiswa Papua, Aden Dimi "Aksi hanyalah bagian terkecil dari proses perjuangan, yang paling besar dan berat adalah bagimana menyadarkan, membangkitkan, megerakan, dan mengorganisasikan massa dalam organisasi Revolusioner, karna perubahan adalah hasil karya dari berjuta-juta massa" [3]

 

Dimanakah Letak Organisasi Revolusioner Di Papua?

Organisasi revolusioner seperti apa yang OAP butuhkan? Padahal, organisasi di Papua sudah ada banyak yang membagun gerakan untuk melawan penjajahan. Maka, Orang Asli Papua (OAP) harus membangun strategi perlawanan untuk kerja-kerja menyadarkan, membangkitkan, menggerakan, dan mengorganisasikan massa dalam organisasi.

 

Kerja untuk menyadarkan massa itu bisa melalui diskusi, nonton film, buat media propoganda maupun cetak dan lain sebagainya, dan sambil uji militansi massa dengan aksi massa. Karena perubahan (revolusi) adalah hasil karya dari berjuta-juta massa, bukan satu atau dua tokoh (pimpinan) dalam gerakan pembebasan nasional Papua.

 

Jika, dilihat situasi di Papua bahwa organisasi yang ada ini tidak bisa jadi revolusioner karena situasi penindasan, maka penyadaran itu harus di bangun secara individu-individu yang termajunya, berkumpul bersama, namun membicarakan realitas yang ada agar tercipta organisasi yang mampu berpengaruh terhadap kerja-kerja nyata demi pembebasan nasional Papua.

 

Oleh sebab itu, organisasi itu ada dan bisa berjalan karena massa yang sadar, jadi orang asli Papua sendiri jangan lupa untuk kerja-kerja untuk menyadarkan massa, jangan hanya aksi setelah itu tidak ada kerja-kerja Ideologisasi nyata di Papua. Pinjam Pram pernah mengatakan bahwa,  “didiklah rakyat dengan organisasi”.

 

* Penulis adalah Mahasiswa Papua

 

Sumber Refrensi:

1] R. Srikandi,  Artikel Seputar Pengertian Perjuangan, 2014
2] https://www.militanindonesia.org/analisa-perspektif/imperialisme-kebangsaan/8612-perspektif-awal-untuk-perjuangan-pembebasan-nasional-papua.html
3] Menurut Seorang Aktivis Alisansi Mahasiswa Papua, Aden Dimi "Aksi hanyalah bagian terkecil dari proses perjuangan, yang paling besar dan berat adalah bagimana menyadarkan, membangkitkan, megerakan, dan mengorganisasikan massa dalam organisasi Revolusioner, karna perubahan adalah hasil karya dari berjuta-juta massa"

 

Baca Juga, Artikel Terkait