Aktivis HAM: Freeport Buang Limbah, Ribuan Ikan Mengapung di Kali Yapero

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
CP: Aktivis HAM. Adolfina Kuum.

 

TIMIKA, KABARMAPEGAA.com- Kesekian kalinya PT. Freeport Indonesia membuang limbah miliknya ke sungai yang mengakibatkan ribuan ikan mengapung. Kejadian tersebut berada di Kali Yapero arah kampung Agimuga dan Jita

Tindakan yang diperlakukan perusahaan pertambagan emas itu. Menurutnya, tindakan itu murni pelanggaran HAM, "ini pelanggaran HAM namun PT Freeport Indonesia harus bertanggungjawab.

"Llimbah tailing tersebut dibuang ke sungai pada 14 Maret 2020 lalu. Wilayah ini memang pusat pembuangan limbah", kata Aktivis HAM Adolfina Kuum, ditemui wartawan, Senin (30/3/2020) di Timika, Papua

Dijelaskan, PT Freeport Indonesia membuang limbah tailing sejak 1967 sampai sekarang, kejadian ini terus berulang kali. Sungai salah satu mata pencaharian nelayan, hal ini akan mengganggu kehidupan masyarakat Papua khususnya di wilayah yang tak jauh dari lumbung emas itu. 

"Pemerintah setempat tidak diam saja menyaksikan persoalan ini, pemangku kebijakan harus bertindak sesuai hukum. "Ini negara hukum, kalau salah yah ditindak,"tutup Kuum (*)

#Pemerintahan

#Lingkungan dan Hutan

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

#Politik

Baca Juga, Artikel Terkait