Aku Bangga Mengenal Budayaku

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
SOSIAL DAN BUDAYA

Tentang Penulis
Duduk manis sambil merenung tentang budaya (Foto Doc Pribadi Frans Pigai/KM.)

 

 

 

Oleh, Frans Pigai

 

 

OPINI KABARMAPEGAA.COM--Aku masih ingat bahwa “Aku Bangga Mengenal Budayaku” merupakan thema Festival Budaya  SMA YPPK Adhi Luhur tahun pada tahun 2013. “Aku Bangga Mengenal Budayaku” artinya dalam era globalisasi yang kian meningkat kita diharapkan untuk dapat mempertahankan budaya kita dengan cara penyesuaian budaya yang ada.

 

Pada saat itu SMA YPPK Adhi Luhur mencoba menjawab keprihatinan di atas dengan mengadakan kegiatan Festival Budaya. Festival Budaya adalah kegiatan yang diadakan dua tahun sekali dalam rangka memperdalam pengetahuan tentang budaya sebagai jati diri manusia Papua dan memperkenalkannya kepada masyarakat di sekitar kita agar masyarakat sadar akan budaya sendiri sekaligus melatih siswa-siswi untuk berkreasi secara kreatif.

 

Konsep acara festival budaya tahun ini adalah “Aku Bangga Mengenal Budayaku”. Maksud dan tujuan acara tersebut adalah agar semua orang terutama orang muda Papua yang datang untuk mengikuti acara festival budaya dapat mengenal budaya yang selama ini dibangun oleh siswa dan siswi Adhi Luhur Nabire - Papua.

 

Jadi budaya merupakan kunci utama membangun seseorang menjadi hidup kokoh diatas tanahnya sendiri untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik..

 

Jangan kita kalah dengan pengembangan dunia yang semakin pesat artinya tetap mempertahankan identiatas kita sebagai generasi penerus tulang punggun bangsa.

 

Kekuatan budaya mengantarkan diri kita ke arah lebih baik karena dengan budaya mampu menyesuaikan dengan lingkungan yang ada.

Bila kita tidak memiliki nilai budaya otomatis dunia membunuh kita. Poisis dan jabatan sebagai manusia pasti akan hilang di makan budaya orang lain. Oleh karena itu kita sebagai anak budaya sangat penting untuk mempertahankan budaya sebagai kekuatan hidup.

Aku juga memohon kepada para tokoh budaya dan intelektual Papua di mohon mengsosialisasikan pentingnya budaya di kalangan masyarakat Papua agar nilai budaya seperti itu  selalu di junjungi tinggi seperti kegiatan fertival di SMA YPPK Adhi Luhur Nabire Papua.

 

Penulis adalah Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait