Anggota MRPB Dilantik, DAP: Sah!

Cinque Terre
Aprila Wayar

15 Hari yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Freelance Journalist
Peta Provinsi Papua Barat (papuabaratprov.go.id)

 

Yogyakarta, KABARMAPEGAA.comPolemik perebutan kursi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) terkait pengisian  masa jabatan 2017-2022 yang bergulir sejak pelantikan enam anggota MRPB pada November 2017 lalu menemui titik akhir. Pelantikan keenam anggota baru akan dilaksanakan pada Rabu (20/05/2020).

Rencana pelantikan keenam anggota MRP yang direncanakan akan digelar Rabu (20/05/2020) dinyatakan langsung Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan di papuakini.co (19/05/2020). Menurutnya, pelantikan ini sudah final dan sesuai. Dengan demikian, keenam anggota MRPB sebelumnya diberhentikan dengan hormat.

Menanggapi keputusan terhadap lembaga kultural yang lahir dari Undang-undang Otonomi Khusus Tahun 2001, Mananwir Paul Finsen Mayor, Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay kepada KABARMAPEGAA.com, Selasa (19/05/2020) melalui sambungan seluler mengatakan keputusan ini sah.

“Menurut mekanisme Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2004 tentang Majelis Rakyat Papua, itu sah,” katanya.

Lanjut Mayor, proses gugatannya sendiri sudah berjalan dan menurutnya, ini adalah hasil akhir yang dimenangkan keenam anggota baru. Dengan demikian ia berharap kepada keenam anggota baru yang akan dilantik agar mengemban aspirasi rakyat Papua dengan bekerja sesuai tupoksi.

“Jangan setelah duduk di kursi jabatan malah mengerjakan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan aspirasi rakyat Papua atau malah ikut mensukseskan proyek-proyek tertentu,” harapnya.

Adapun keenam anggota MRPB yang akan diganti adalah Yusak Kambuaya, September Werbete, Amirudin Sabuku, Levinus Wanggai, Flora Rumbekwan dan Agustina Hombore. (*)

#MRP

Baca Juga, Artikel Terkait