Bangun Solidaritas, Pemuda dan Mahasiswa Gelar Pemutaran Film Gempa PNG

Cinque Terre
Alexander Gobai

7 Bulan yang lalu
NASIONAL

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA,KABARMAPEGAA.com— Senin (26/3/2018) bertempat di lingkarang Abepura, Jayapura kurang lebih 80-an orang turut berpartisipati dalam pemutaran film tentang gempa bumi yang melanda warga Papua New Guinea (PNG) yang diselenggarakan oleh pemuda dan mahasiswa sebagai bentuk solidaritas untuk membantu korban gempa bumi di PNG.

 

Kegiatan yang berlangsung di lingkaran Abepura itu berlangsung selama dua jam dan dihadiri oleh mahasiswa dan pemuda yang berasal dari asrama-asrama dan organisasi kepemudaan serta badan eksekutif mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di kota Jayapura.

 

Sebelumnya pada hari Sabtu (10/03) lalu, tempat yang sama juga solidaritas ini telah melakukan aksi 1000 lilin untuk para korban gempa bumi di PNG.  

 

“Kami terus aktif menggalang dana dalam bentuk sumbangan sukarela di beberapa titik kota Jayapura, yakni: Terminal expo Waena, Lingkaran Abepura dan taman Imbi Jayapura Kota sebagai bentuk aksi kemanusiaan untuk membantu para korban gempa bumi di PNG,” hal itu disampaikan oleh Kris Dogopia, Sekertaris Umum Solidaritas Papua Barat untuk gempa bumi PNG .

 

Dogopia juga menyatakan bahwa peristiwa gempa yang mengguncang wilayah PNG tersebut kurang diketahui masyarakat Papua, karena menurutnya media-media lokal jarang memuat peristiwa tersebut.

“Untuk itu saya harap dengan pemutaran film ini masyarakat Papua dapat mengetahui kondisi terkini PNG saat ini,” tuturnya.

 

Kemudian, pantauan media di lapangan, pemutaran film berlangsung sangat dramatis, sehingga setiap orang yang hadir pada saat itu terharu ketika mengetahui bencana alam yang menimpa beberapa wilayah papua new guinea tersebut.

 

“Saya terharu melihat saudara-saudara saya di PNG, sebelumnya saya tidak tau ada gempa di PNG”, ujar Yulin Kogoya, mahasiswa asal Lani Jaya  kepada kabarmapegaa.com usai pemutaran film.

 

Pada saat yang sama Malvin Yobe, Koordinator Tim Kerja Solidaritas mengharapkan kepada semua pimpinan asrama, organisasi kepemudaan dan partisipan yang hadir pada saat itu untuk dapat bergabung dalam aksi ini sebagai bentuk solidaritas bersama untuk membantu para korban gempa bumi PNG.

 

 “Kita harap teman-teman yang sudah datang untuk bergabung bersama kami”, kata presiden mahasiswa USTJ itu.

 

Lebih lanjut Ia menambahkan, pemutaran film tersebut bertujuan memberikan informasi terkini kepada rakyat papua, bagaimana gempa di papua new guinea serta untuk mengajak mahasiswa dan pemuda untuk bersolider bersama, karena menurutnya aksi solidaritas ini melibatkan semua orang di Papua.

 

“Memberikan informasi dan mengajak teman-teman untuk bergabung bersama kami karna kurang pesonil,” kata Yobe.

 

Aksi pemutaran film ini merupakan salah satu kegiatan untuk solidaritas bersama guna menggalang dana membantu korban gempa bumi di PNG yang terjadi pada 26/02 lalu. Akhirnya, aksi pemutaran film tersebut berjalan tertib, aman dan kondusif hingga pukul 21.00 WPB.

 

Pewarta: Yatipai Albert

Editor: Manfred Kudiai/KM

Baca Juga, Artikel Terkait