Batas RI-PNG Ditutup

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
NASIONAL & DUNIA

Tentang Penulis
Perbatasan RI-PNG- (IST)

 

NABIRE, KABARMAPEGAA.com—Antisipasi penyebaran Virus Corona wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI) dengan Papua Nugini (PNG), Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, ditutup.  Terkait penutupan akses Penutupan RI ke PNG tersebut dibenarkan oleh sfaf Konjen RI, James Elvis Yoku di Vanimo.

 

“Betul, mulai tanggal 30 Januari 2020 ada pembatasan melintas batas. Pembatasan ini dilakukan oleh pemerintah PNG karena ada wabah Virus Corona,” jelas James kepada kabarmapegaa.com, saat dihubungi via WhatShapp, Kamis, Jumat (14/2).

 

Untuk sementara waktu jalur keluar dan masuk PNG hanya lewat pos-pos yang  diizinkan oleh pemerintah PNG seperti Jackson Airport di Port Moresby.

 

Sampai saat ini, Kata James, akses  RI-PNG masih ditutup. Dan ssampai saat ini batas waktu penutupan ini yang belum ditentukan. “Jadi, RI-Perbatasa, RI- PNG ditutup. Ditutup karena Virus Corona,” paparnya.

 

Sejauh ini, pihaknya juga masih memantau  media nasional PNG  guna mendapatkan informasi baru. “Setiap hari ada perkembangan penyebaran virus Corona. Ada kemungkinan untuk pembatasan perjalanan dari dan ke negara-negara  yang status penyebaran virus sudah meningkat atau sebaliknya kalau sudah  dirasa aman sudah bisa diperbolehkan untuk melakukan perjalanan,” terang James.

 

Sementara itu, trirto.id, edisi   14 Februari 2020, melaporkan jumlah kematian akibat Virus Corona (2019-nCoV) atau COVID-19, terus berlipat ganda, per hari lebih dari 100 jiwa. Hari ini, per 08.20 waktu Jakarta, terdapat 64.346 kasus terjangkit Virus Corona, 1.490 orang di antaranya meninggal dunia, dan 6.982 lainnya dinyatakan pulih. Hal itu berdasarkan data yang dihimpun Johns Hopkins University Center for Systems Science and Engineering (JHU CCSE).

 

“Jika dihitung dari sehari sebelumnya, hari ini telah bertambah 3.986 kasus baru yang terjangkit, merenggut 120 nyawa, dan 704 orang dinyatakan sembuh,” papar tirto.id.

 

Kemudian, berdasarkan data yang dirilis WHO: Di Singapura, terdapat 50 kasus seseorang terinfeksi Virus Corona, 22 di antaranya terlacak memiliki riwayat perjalanan dari Cina. Sedangkan di Filipina terdapat 3 kasus dan 1 orang meninggal karena virus ini. Kemudian di negara terdekat Indonesia lainnya: 18 kasus di Malaysia, 15 Australia, 33 Thailand, dan 16 Vietnam.

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait