Begini Jalannya Sidang 7 Tapol di Balikpapan

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

7 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
7 Tapol saat persiapan menjalani sidang. (Doc-IST)

 

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com-- Tujuh Tapol yang terdakwa kasus makar di Jayapura menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Balikpapan, pada Selasa (11/2). Ketujuh terdakwa itu bernama Agus Kossay (33), Alexsander Gobai (25), Buctar Tabuni (40), Fery Kombo (25), Hengki Hilapok (23), Irwanus Uropmabin (23) dan Stevanus Itlay (31).

 

Mereka menjalani sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan dari Tim JPU. Terkait jalannya sidang, redaksi kembali menerima laporan dan Kronologis serta Kondisi Sidang Perdana 7 Tapol Rasisme di Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

Berikut adalah laporan dan kronolosi serta jalannya sidang:

 

Hari/Tanggal : 11 Februari  2020

Tempat : Pengadilan Tinggi Negeri Balik Papan

Waktu : .09.30 Wita - 13.30 Wita

Materi : Pembacaan Surat Dakwaan.

 

Identitas Hakim,  Pengacara dan Jaksa Penuntut Umum (JPU)  sebagai berikut:

  1. Penasehtan Hukum
    Penasehat Hukum yang dampingi : Gustaf Kawer,  SH; Latifa Anum Siregar,  SH; Yohanis Mambrasar,  SH,  Yuliana S. Yabansabra S.H, Nyoman, SH (Kuasa Hukum Balik Papan.
     
  2. Hakim
    Yang mengadili. Agus Kosay dan Fery Kombo ialah Hakim Ketua, Bambang Trengono,  SH. MH
    Yang mengadili, Alexander Gobai,  Hengky Hilapok dan Steven Itlay ialah,  Hakim Ketua,  S.  Purnomo. SH. M. Hum
    Yang mengadili, Bucthar Tabuni dan Irwanus Uropmabin ialah Hakim Ketua S.  Sutormo,  SH. H. Hum.
     
  3. JPU
    Jaksa Penunut Umum (JPU)  Dari Papua diantaranya,  Yafet Bonai dan rombongan.

 

Pasal-Pasal Dalam Surat Dakwaan: Pasal 106, 107, 110,  dan 160

 

Kronologis Singkat

  • Pukul 09.00 Wita, Tujuh Tahanan Politik Rasis,  Bucthar Tabuni,  Steven Itlay,  Agus Kosay,  Fery Kombo,  Alexander Gobai,  Hengky Hilapok dan Irwanus Uropmabin melakukan persiapan dari tahanan Rumah Tahanan (Rutan)  Kelas 2B Balik Papan dan menuju di tempat pelayanan alias Porter menunggu penjemputan oleh Kejaksaan Balik Papan.  Sebelun dijemput, Penasehat  hukum,    Yuliana S Yabansabra S.H dan Yohanis Mambrasar. SH datangi di Rutan Balik Papan pastikan kondisi dan kesiapaan 7 Tahanan Politik Rasisme. 
     
  • Pukul 09.30 Wita Jaksa balik papan dan pihak  Polisi Daerah balik papan menjemput 7 tahanan dengan pengawalan yang ketat.  7 Tahanan di masukan dalam mobil Tahanan Kejaksaan sambil tangannya di borgol.  Hingga tiba di pengadilan Tinggi Negeri Balik Papan pada pukul 10.00 wita pagi.  Tepat di pengadilan Negeri balik papan terlihat aparat keamanan, baik polisi maupun brimob  balik papan sudah berada di Pengadilan untuk mengawal jalannya persidangan dan mengawal tujuh tahanan. 7 tahanan dimasukan di dalam ruang tahanan sebagai tahanan transit. 
     
  • Pukul 10.30 Wita, Pengacara Papua datangi ke 7 tahanan dengan menggunakan toga Penasehat Hukum. Penasehat hukum mendatangi kepada 7 tahanan dan mengatakan untuk bersiap-siap.
     
  • Pukul 10.45 Wita,  Steven Itlay,  Alexander Gobai dan Hengki Hilapok lebih duluh dipanggil untuk diadili dalam persidangan dengan ketua hakim Purnomo,  SH. M. Hum.  Dalam Proses persidangan, JPU membacakan surat dakwaan dari  terdakwa Alexander Gobai hingga usai.  Setelahnya kesempatan  di hakim meminta kepada terdakwa jika ada keberatan tentang surat dakwaan yang dibacakan JPU. maka terdakwa bersama penasehat untuk melakukan keberatan.  Saat untuk ingin mengatakan keberatan. namun tidak jadi.
     
  • Sementara Penasehat Hukum memberikan keberatan dan meminta waktu kepada hakim untuk proses persidangan ditunda isinya sebagai berikut: 1) Turunan BAP dari Jaksa Penuntut Umum, 2) Pemeriksaan Kesehatan kepada Terdakwa.
     
  • Setelah meminta demikian, persidangan ditunda dan akan dilanjutkan pada Kamis,  20 Feb 2020 di Pengadilan Tinggi Negeri Balik Papan.
     
  • Sidang Selanjutnya diduduki terdakwa Hengki Hilapok,  pada pukul:  11.00 Wita. Prosesnya sama dengan yang pertama.  Hingga selesai pada pukul 11.15 Wita.  Sidang selanjutnya diduduki terdakwa Steven Itlay pada pukul: 11.20 wita. prosesnya sama hingga pukul 11.30 WITA.
     
  • Pukul: 11.45 - 12. 30 wita,  Hakim  ketua diganti. karena terdakwa yang akan disidangkan diantaranya Ferry Kombo dan Agus Kosay. Waktu yang bersamaan,  sidang dan segala proses dilakukan sama seperti sidang awal.
     
  • Pukul: 12.45-13.30 Wita,  hakim ketua diganti.  karena terdakwa yang akan disidangkan  diantaranya Bucthar Tabuni dan Irwanus Uropmabin.  Waktu yang bersamaan dilakukan persidangan dengan materi yang sama.
     
  • Pukul: 13.45 Wita, Tujuh tahanan Politik Rasis kemudian dikembalikan ke Rutan Balik Papan. 

 

Situasi dan Kondisi Sidang

 

Saat waktu persidangan sejumlah Tokoh Pimpinan Gereja, Masyarakat,  Aktivis HMI, GMNI dan gerakan lainnya, serta pengacara  balik papan dan wartawan nasional maupun lokal mendatangi  terselenggaranya persidangan persana.  Situasi itu dijaga ketat oleh aparat keamanan,  baik polisi daerah balik papan dan brimob balik papan.  Gedung balik papan penuh.

 

Meski peraturan SOP  aparat, pengawalannya sangat ketat.  Tujuh tahanan. Mulai dari keluar dan masuk dari mobil kejaksaan hingga keluar masuk ruang persidangan.

 

Kehadiran Reskrim Polda Papua

 

Sidang Perdana tujuh tahanan Papua dihadiri juga oleh penyidik Polda Papua,  diantaranya Takamuly dan rombongannya untuk menyaksikan jalannya persidangan perdana.

 

Demikian Kronologis yang kami buat,  atas perhatian kami sampaikan banyak terimakasih.

 

ADMIN/KM

#Politik

#LBH Papua

Baca Juga, Artikel Terkait