BEM PT Ajak Maba Daftar di USTJ

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

6 Bulan yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Alexander Gobai, Presiden Mahasiswa USTJ bersama rekannya saat memberikan keterangan kepada wartawan di ruang Rektorat (Foto: Humas BEM PT USTJ)

Jayapura, KABARMAPEGAA.com -  Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (BEM PT USTJ) mengajak calon Mahasiswa Baru (MABA) agar bisa mendaftarkan di kampus USTJ.

 

“Iya, masalah internal kampus tentang demo atas tuntutan mahasiswa telah selesai atas jawaban ketua yayasan, antara Mahasiswa, Rektor dan Yayasan telah melakukan penandatangan komitmen berbenah kampus kedepan.  Untuk itu, BEM  sudah bisa ajak mahasiswa baru masuk di USTJ,” Kata Alexander Gobai, Presiden Mahasiswa USTJ, Kepada Wartawan saat Jumpa Pers di Ruang Rektorat USTJ, Padang Bulan, Rabu, (12/6/19).

 

Kata Gobai, USTJ adalah salah satu Perguruan Tinggi (PT) Teknik dan Sains yang cukup terbaik dari sisi  kualitas mutu pendidikan serta penerapannya.

 

“USTJ telah menghasilakan sekitar 10.000 Alumni USTJ dan bekerja di semua tempat baik Pemerintah, Swasta, Lembaga, Perusahaan dan lain-lainya. Hal  itu membuktikan bahwa USTJ sudah siap mengorbitkan sarjan-sarjana yang siap secara mental, iman,  pengetahahuan, kemampuan dan keterampilan,” Katanya.

 

UST memiliki lima Fakultas dan 17 Jurusan yang diserap dengan jurusan Eksata dan Non Eksata. Lima fakultas itu diantaranya: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) memiliki 4 jurusan diantaranya, Teknik Planologi, Arsitektur, Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan. Fakultas Teknik Industri dan Kebumian (FTIK) memiliki 4 jurusan, diantaranya, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

 

Fakultas Ekonomi, Sastra dan Sosial Politik (Fessospol) memiliki 5 jurusan diantaranya, Jurusan Akuntansi, Sastra Inggris, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komputer dan Manajemen (FIKOM) memiliki 2 Jurusan diantaranya, Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) memiliki 2 jurusan diantaranya, jurusan Analis Kesehatan dan Farmasi.

 

USTJ juga memiliki akreditas jurusan yang baik. Akreditas dari C dan B. Tahun depan beberapa jurusan akan mendapatkan Akreditas dari B – A dan C-B.

 

“Iya itu, membuktikan bahwa USTJ akan lebih mengedepankan nilai-nilai peningkatkan Akademik kepada mahasiswa demi membenai karakter mahasiswa, moral serta mental demi mencapai mahasiswa yang HUMANIOARA (Memanusiakan Manusia Lain),” Kata Gobai, Mantan Mentri BEM PT USTJ, Bidang SDM dan Pengembangan Organisasi Kampus.

 

Lebih Lanjut, USTJ juga memiliki  tempat mahasiswa berkreasi. Diantaranya terdapat Organisai Kemahasiswaan. Mulai dari Bupati Jurusan, Gubernur Fakultas, BEM Universitas serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

“Organisasi kemahasiswa berguna dan bermanfaat bagi mahasisw untuk bisa melatif keberanian, berbaur dan belajar menjadi seorang pemimpin,” Lanjut Gobai.

 

Kata dia, BEM USTJ telah membuat buku  tentang Gerakan Mahasiswa Cinta Kampus (GEMACIKAM) USTJ  bertujuan memberikan pemahaman tentang  nilai-nilai mahasiswa, startegi dan berdayakan mahasiswa. Prosesnya lebih kepada saling mencintai antara satu dengan yang lain, menghargai, etika dan berbenah karakter, serta mewajibkan mahasiswa untuk membuat kegiatan minimal dalam 1 bulan 2 kali kegiatan. Dan kami BEM akan siap memantau kegiatan mahasiswa.

 

“USTJ tempat oran belajar ilmu teknik, Pendidikan, Ekonomi Sosial, Komputer dan Kesehatan ada di USTJ. USTJ menjadi tempat untuk menuntut Ilmu,” Katanya.

 

Lanjut Gobai, Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru sudah dibuka dan sudah melakukan tes tertulis pada gelombang 1 tahap pertama pada 06 Mei 2019  s.d 23 Mei 2019. Gelombang pertama tahap kedua pada 24 Mei 2019 s.d 21 Juni 2019. Gelombang kedua tahap pertama pada 22 Juni 2019 s.d 12 Juli 2019, Gelombang kedua, tahap kedua pada 13 Juli 2019 s.d  26 Juli 2019.

 

“Kepada Calon Mahasiswa Baru (MABA), jangan merasa takut masuk di USTJ. setelah masuk di USTJ, mahasiswa tersebut akan mendapatkan banya hal, tak terkecuali memantapkan pengetahuan dari jurusan mahasiswa itu sendiri,” Katanya.

 

Kata Gobai, Ada beberapa langka yang akan dilakukan BEM kedepan demi mengembalikan Roh USTJ, seperti, 1). Melakukan Kegiatan Training HAM yang akan dilaksanakan pada bulan Juli, Presma Cup I dilakukan dalam bulan Juli, Launcing Majalah Kampus Perdana di bulan Agustus minggu ketiga.  Dilakukan untuk mengajak mahasiswa agar kreatif, inovatif, bersahabat dan kritis terhadap persoalan. BEM USTJ siap melakukan berbagai kegiatan yang meningkatkan Soft Skill,  Pembenahan Karakter, dan meningkat Minat Mahasiswa.

 

Pewarta        : Yudas Nawipa

 

Editor           : Admin

 

 

#Mahasiswa dan Pemuda

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait