Betapa Hebatnya Budaya Bangsa Papua

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

6 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Frans Pigome/KM

 

 

Oleh, Frans Pigai

 

OPINI KABARMAPEGAA.COM--Kehebatan kebudayaan bangsa papua terukir dengan berbagai macam keragaman budaya Melanesia. Budaya Melanesia adalah budaya yang berkembang di kawasan dunia belahan bumi pasifik, dengan berbagai nilai-nilai kebudayaannya. Kebudayaan bagi bangsa akan terwujud jika budaya itu berkembang di berbagai daerah, namun akan mempertahankan apa arti pentingnya budaya bagi diri pribadi dan budaya bagi bangsanya. Jika anda tidak membagi pesan kepada orang lain, maka bangsa dan negara tersebut tidak akan berkembang sesuai dengan budaya bangsanya.

Maka Anda mencintai bangsa kita teruskan pada sesama dan bangsa kita, karena budaya sangat berharga dalam kehidupan manusia. Dengan demikian, untuk mengendalikan diri pribadi seseorang, bertujuan untuk memikirkan kemenangan dalam semangat hidup, demi mempertahankan budaya sebagai identitas manusia, bagi bangsa papua.

 Kehebatan budaya akan terlihat nampak, jika itu kehebatan diri pribadi nampak dalam mengembangkan kebudayaannya sendiri. Betapa hebatnya diri pribadi seseorang menunjukan kehebatan memperjuangkan bangsanya dengan menanamkan nilai-nilai kebudayaannya.

Namun, untuk menanamkan nilai kebudayaan, kita perlu mempelajari secara lebih mendalam karena nilai kebudayaan merupakan nilai yang menjadi arahan hidup mengenai filosofi-filosofi budaya yang akan mengkaderkan manusia sebagai manusia yang mempunyuai filsuf-filsuf untuk berfikir menanamkan dan mempertahankan nilai penggerak dalam suatu peluang karena budaya merupakan nilai identirtas manusia.

Budaya-budaya yang dimiliki oleh bangsa kita dalam mengembangkan nilai-nila untuk melestarikan kebudayaan tersebut, antara lain:

 Kita memiliki budaya baca dan tulis dengan menggunakan huruf sendiri, dalam bahasa Yunani sebagai bangsa besar di dunia ini. Bangsa Yunani merupakan bangsa yang benar-benar mempertahankan nilai-nilai kebudayaan, salah satu adalah budaya baca dan tulis dengan menggunakan hurufnhya  sendiri.

Kita juga memiliki system pendidikan sendiri yang di pelajari dalam filosofi nasehat-nasehat orangtua kepada anaknya, itilah menjadi pendidikan yang di terapkan dalam kehidupan budaya bangsa, namun yang juga merupakan fundamen budaya bangsa besar.

 Kita memiliki alat musik yang tidak ada duanya di dunia ini, antara lain alat musik (KAIDO) dan juga alat musik yang ada di berbagai daerah (Papua) karena alat-alat musik salah satunya Kaido ini mampu memadukan nada secara pointalonik dan dialonik dan sebagainya.

Namun, belum lagi kita bicara mengenai soal Sumber Daya Manusia (SDM), karena karakter manusia akan memengaruhi dan dilihat dari kondisi geografisnya, kehidupan sosial dan lain-lainnya. Kondisi geografis akan dilihat dari kedaerahan yang dinama terletaknya, baik itu daratan rendah (pesisir pantai) maupun dataran tinggi atau di sebut sebagai pegunungan. Namun, kehidupan sosial pun berbeda-beda, karena akan menunjukkan kondisi daerah pula yang berbeda-beda.

Karier yang dilakukan dalam kehidupan masyarakat pegunungan, antara lain bercocok tanam dengan kekayaan-kekayaan di sekitarnya, bertujuan untuk memenuhi kebutukan hidup sehari-hari. Sedangkan karier yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari oleh pesisir pantai, antara lain berlayar di lautan, tujuannya untuk menangkap ikan, itulah sebagai kegiatan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, itulah yang menjadi keunggulan kekayaan yang melimpah dan keragaman budaya lainnya yang tak terbatas.

 

Kehidupan sosial akan menunjukkan bahwa, manusia sebagai mahkluk sosial. Hidup manusia adalah hidup yang berdampingan antara satu sama yang l;ainnya, karena manusia selalu berinteraksi antara, sesama dengan sesama, satu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Kebudayaan untuk cara berinteraksi menunjukkan bahwa, itulah menjadi salah satu nilai yang dipertahankan dan selalu menunjukkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Kebudayaan interaksi selalu terjadi di kalangan kehidupan masyarakat.

 Untuk berinteraksi mengenai kepentingan bersama dalam kehidupan masyarakat, entah itu berbicara mengenai ekonomi, sosial, politik, pendidikan dan budaya, maupun masalah sosial yang lainnya. Nilai-nilai yang akan dibicarakan ini menjadi salah satu pembelajaran bagi kehidupan masyarakat setempatnya, yang membudidayakan sumber kemanusiaan yang mempunyai pengetahuan yang benbudaya dalam kehidupannya.

Oleh sebab itu, kebudayaan yang muncul ditengah-tengah masyarakat papau merupakan kebudayaan yang menjadi identitas kepribadian manusia karena budaya sendiri merupakan indentitas manusia, untuk menunjukkan bahwa budaya selalu berkembang dengan nilai-nilai perkembangan manusia. Entah itu nilai sosial, budayadan ekonomi yang ada dan berkembang alam kehidupan masyarakat papua.

 

Penulis adalah Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait