Block B Wabu Intan Jaya Menghancurkan Manusia dan Sumber Daya Alam Papua

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

11 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Photo: ND bekerja di PTFI dekat kabupaten Intan Jaya, Cartenz II Grasberg.

 

 

“Waspada rencana eksploitasi block b, ilegal Wabu Intan Jaya bersama kelompak bersenjata buatan Indonesia menghancurkan manusia dan sumber daya alam Papua”.

 

Oleh Uwayina Egeida

 

CARTENZ EGEIDA, KABARMAPEGAA.COM-- Saya lama bekerja di tambang raksasa terbesar di Papua  PT. Freeport Indonesia. Kini saya mengamati ada pergerakan perencanaan massa depan untuk penambangan secara ilegal di Papua. Umumnya sangat terang sekali lebih khusus Wabu Intan Jaya Papua, tentunya pemerintah pusat bersama kolonial Indonesia mengarahkan bekerja sama dengan komunitas masyarakat seperti Kelompok buatan Organisasi Papua Merdeka (OPM) tujuannya untuk mengambil penambangan secara illegal itu. Tujunanya dapat menghancurkan manusia  dan sumber daya Alam (SDA) Papua.

 

Saya mengingat masyarakat pribumi yang tingal ratusan tahun dari nenek moyang turun temurun yakni, kampung “Waaah dan Banti” kejadian seperti ini boleh saja terjadi di Wabu Intan Jaya istilah Block B. Mengapa? karena dekat cartenz atau grasberg jangan sampai sama hal yang terjadi penggunsi masyarakat secara brutal dua kampung  di atas ini, areal PT.Freeport karena  kolonial bersama kelompok buatan pembrontak (OPM)  rencananya mengambil Sumber daya alam SDA  secara besar -besaran di Papua.

 

Sama hal Seperti juga terjadi di Aboriggin. Masyarakat biasa di senjatai oleh kolonial Jepan/Inggris dan lain lain demi kepentingan perusahaan terbesar yang ada di negeranya, sementara Oboriggin juga ingin di perjuangkan dilepas dari negara penjaja di negerinya sendiri.

 

Ulah perburuan seperti ini benar-benar telah terjadi pengunsian secara burutal apa artinya emas kalau manusianya terus menerus habis terbunuh ini kejahatan yang harus pertanyakan kedua Kelompak tersebut.

 

Gubernur papua dan Jakarta sedang memburuh 40,000 hektar luas cadangan emas menilai 200 trilion rupiah di blok Wabu Intan Jaya, itulah alasan utama operasi militer besar besaran di Intan Jaya terus di lancarkan dengan Kelompak pro mengatasnamakan Papua merdeka, untuk itu mari tokoh masyakat tokoh pemuda kita harus mengamati secara bijak masalah apa saja yang terjadi daerah kita cintai ini.

 

Karena nafsu eksploitasi ini kolonial dan kapitalis tidak peduli kejahatan ke manusia dan lingkungan yang sedang akan terjadi persis melanjut tabiat busuk operasi PT. Freeport yang membantai manusia dan menhancurkan lingkungan dan habitatnya. Oleh sebab itu, kita harus  di pertanyakn kepada (OPM) buatan Indonesia atau di perjuangkan secara murni agar jangan sampai ada masyarakat yang belum apa-apa menjadi korban serta lingkungan alam di Papua pada umumnya.

 

Jadi, mari di pertanyakan semua tambang blok Wabu ketiganya adalah paket politik ekonomi kolonial dan kapitalis yang sedang di amankan oleh kekuatan militer kolonial Indonesia dan kelompok masayarakat buatan Indonesia.

 

Penulis Adalah: Anak kampung Uwayina Egeida. Masih Aktif Bekerja Di PTFI. Tingal Di Tembagapura.

 

#Pemerintahan

#Lingkungan dan Hutan

#Rencana Pembangunan Polres di Intan Jaya

Baca Juga, Artikel Terkait