Buka Kembali Donasi, Fawawi Club Fokus Papua

Cinque Terre
Aprila Wayar

1 Bulan yang lalu
NASIONAL & DUNIA

Tentang Penulis
Freelance Journalist
Poster Penerimaan Donasi Fawawi Club (Dok. Fawawi Club)

 

Yogyakarta, KABARMAPEGAA.com – Komunitas Sastra, Fawawi Club kembali membuka kemanusiaan bagi Papua. Perkembangan laju pasien Covid-19 yang terus meningkat di Provinsi Papua dan Papua Barat menjadi pertimbangan dasar dibukanya kembali posko kemanusiaan ini.

“Kesibukan masing-masing anggota beberapa waktu lalu membuat kami terpaksa menutup posko tetapi hari ini sudah dimungkinkan untuk dibuka kembali,” kata Maria Komboy, anggota Fawawi Club kepada KABARMAPEGAA.com melalui sambungan pribadi, Selasa (28/04/2020).

Lanjut Komboy, tiga tahap bantuan kepada mahasiswa Papua di Yogyakarta yang meliputi 11 asrama mahasiswa Papua yang disalurkan beberapa waktu ke belakang dirasa sudah cukup. Walau demikian bila masih ada pihak  yang ingin menyumbang bahan makanan dan alat kesehatan; baik itu masker, sarung tangan maupun hand sanitizer, pihaknya akan tetap membantu menyalurkan kepada mahasiswa Papua di Yogyakarta.

“Kami baru saja selesai melakukan evaluasi Tim dan audit keuangan. Sudah selesai makanya kami membuka kembali donasi,” ujar Komboy ketika ditanya soal kinerja Tim.

Sementara kondisi Papua yang lockdown dan sulitnya pengiriman barang ke sana menurut Komboy  membuat Tim Kerja memutuskan untuk fokus pada sumbangan berupa uang tunai. Dimana uang tersebut akan dikirim ke jaringan di Papua dan Papua Barat untuk membeli kain dan menjahit masker secara mandiri.

Sementara itu, Maximus Sedik, salah satu anggota Tim Kerja Fawawi Club yang dihubungi KABARMAPEGAA.com melalui sambungan pribadi mengaku senang dengan dibukanya kembali Posko ini mengingat kondisi Papua terkait Pandemi Covid-19 yang semakin memprihatinkan.

“Setidaknya dalam situasi sulit ini kami masih bisa melalukan sesuatu untuk Papua. Terkait bantuan, selama ini kami mendengar berbagai bantuan yang dikirim ke Papua, baik itu dari pemerintah, dr. Tirta atau yang lain. Sayangnya, kami tidak mendengar sudah sampai ke Papua atau belum; kalau sudah sampai, disalurkan kemana saja. Hal itu yang membuat kami memilih untuk mengirim langsung uang tunai dari donasi nanti, agar digunakan sesuai kebutuhan masyarakat di sana,” kata Sedik.

Sedik berharap kepada semua pihak yang membaca berita ini dapat tergerak hatinya mendonasikan sedikit untuk Papua.

Adapun donasi berupa uang dapat disalurkan melalui Bank BRI 491901010832531, a. n. Maria N. I. Komboy. (*)

#Pandemi Covid-19

Baca Juga, Artikel Terkait