Bumi Papua Tidak Dijual Belikan Kepada Bangsa Lain

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
ilustrasi bumi alam papua

 

 

 Oleh Demi Maki Nawipa*

 

Opini, KABARMAPEGAA.com --Orang papua harus sadar bahwa jaga alam, jaga warisan bumi Papua. Kita (orang papua) harus bernyanyi untuk LSM lingkungan di Indonesia yang selalu menjual data kepada bangsa kapitalisme dunia.

 

Mengapa para aktivis lingkungan itu menjual data terus? Saya sampaikan saatnya Anda harus sadar demi menjaga alam yang alami. 

 

Saya mohon jangan menjual data tentang kerusakan lingkungan di Papua-ku. Saya punya visi mau jaga alam Papua menjadi "perpustakaan alam secara kontekstual, tanpa keterlibatan kepentingan bangsa penghancur bumi". Saya mau menjaga warisan bumi "SatuPapua" yang alami. 

 

Saya (Papua) tidak menerima 100% konsep-konsep mitigasi, reklamasi, reboisasi, pemulihan dan lain sebagainya yang menggunakan alat-alat produksi dan menggunakan bahan kimia lainnya. 

 

Saya benci organisasi lingkungan di Indonesia yang memberikan data kepada para pendiri " green state vision" di Inggris itu. Saya benci karena data mereka jarang membangun diskusi dengan masyarakat akar rumput di Papua. Mereka menjual data hasil pantauan mereka tanpa diskusi yang baik dengan orang asli Papua. 

 

Saya pribadi selalu membangun diskusi apa adanya saja terkait dengan mahasiswa, khususnya mahasiswa Papua di tanah rantauan sebagai bagian dari pembangunan pendidikan green politik Papua. Saya sudah konsisten itu dan memang itu jalan saya dan fokus belajar saya melalui pendidikan formal saya. 

 

Bagi yang mau menjadi seimpian bersama saya untuk menjaga alam yang alami, saya siap memberikan pengetahuan dan pemahaman melalui diskusi yang kontekstual Papua. 

 

Penulis adalah mahasiswa sekaligus pemerhati lingkungan alam Papua

 

#Mahasiswa dan Pemuda

#Lingkungan dan Hutan

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait