Bupati Paniai Antusias Diskusi Bersama Petani Nenas di  Paniai

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

27 Hari yang lalu
ARTIKEL

Tentang Penulis
Bupati Paniai dan  Petani  Nenas di  Paniai

 

 

Oleh, Eki  Gobai (Anak Asli Paniai *)

 

KABARMAPEGAA.COM--Paniai adalah  rumah  kita. Siapa  pun Pemimpinnya dia  adalah  pimpinan  kita. Pengawasan  pembanguan  adalah  tugas  kita  bersama karena  semuanya adalah  timbal  balik. Rakyat  yang memilih  untuk  menjadi  Bupati, tidak  bohong  ini benar. Dengan  catatan  diantra  kita  tidak  memberi  salah  pemahaman karena  Paniai adalah milik  kita  bersama. Seorang  pemimpin  hanya memegang  tongkat saja. Mari kita  memiliki  jiwa  umum  melihat  Paniai besar yang  kita  cintai.

 

Tulisan  artikel  ini  dengan  dasar hanya  kepedulian rakyat  dan  SDA di  Paniai dan  kontribusi pikiran  saya. Suka  dan  tidak  suka, melihatnya dan sebagai refleksi program  kerja  bupati Paniai selama  ini sesuai  dengan  observasi dari Paniai, bukan  dari  luar  Paniai.

 

Paniai siang ini, Senin (01/11/2021) sebuah  foto  yang  beredar lewat  Group WA, yang  namanya "PANIAI  ITU KITA"  tampak melihat fotonya  sangat  bagus  sekali. Begitu  melihat  foto  tersebut bahwa "Petani Nenas dari kampung Wiyogei berkunjung ke rumahnya Capten Pilot Meki Nawipa, Bupati Paniai.

 

Dalam keterangan  foto  tersebut, Bupati  Paniai sangat  senang  dan  antusias menerima tamu yang mendatangi  kediamanya bupati Paniai. Tak  segangnya petani Nenas pun merasa  terharu. sebelumnya  petani  Nenas sudah  menyiapkan dan  membahwa  hasil  budidaya Nenas buat  Bupati Paniai.

 

Bupati Paniai pun bangga  atas kerja-kerja dan  perjuangan para petani  nenas. Beliau  pun memberikan motivasi dan pesan  moral  kepada  para  petani  nenas bahwa " Kita Kerja Untuk Rakyat" artinya pemerintah juga  akan  berdayakan potensi  basis pertanian Nenas Paniai yang manisnya luar biasa. Sementara budidayakan Kopi Paniai sebagai program utama Bupati Paniai dengan  Moto "Paniai untuk semua dan  semua untuk Paniai"

 

Diskusi Seputaran Nenas

 

Apa itu buah  Nenas? buah nanas merupakan salah satu jenis buah-buahan tropis yang banyak diminati masyarakat lokal dan internasional. Hal ini tentu merupakan sesuatu hal yang sangat menggiurkan jika petani Nenas berminat untuk memulai bekerja  Dan berbisnis buah nanas dengan menanamnya para  petani  Nenas sendiri. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dalam bidang pertanian ini karena mungkin saja petani Nenas cocok.  Ada baiknya Bupati Paniai  akan mempersiapkan pendidikan  edukatif dengan  cara budidaya yang tepat agar penanaman pohon nanas bisa berhasil dilakukan dan hasilnya melimpah di  Paniai .

 

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan untuk bisa melakukan teknik budidaya nanas dengan baik. Tentu ini tidak semudah yang petani Nenas  bayangkan, namun juga tidak begitu sulit untuk dilakukan dengan cara yang benar tentunya. Untuk itu, Bupati Paniai akan dan  berdayakan agar petani  nenas bisa mendapatkan berbagai hal penting yang memang ingin mereka ketahui tentang cara tanam nanas sehingga hasilnya bisa membuat petani nenas begitu bangga tentunya.

 

Pelayanan Bupati Paniai

 

Seorang Pemimpin yang mencintai Rakyatnya, selalu hadir bersama sama mereka, datang berdiskusi duduk dan makan dengan Rakyat. Pemimpin yang selalu memberikan rasa aman bagi petani Nanas. Diskusi bagaimana tetap menjaga dan melestarikan Petani Nenas dari kampung Wiyogei yang sudah berkunjung ke rumah. Dan mengajarkan budaya kerja. Demi mencapai targetnya budaya kerja yang mandiri, dengan  Slogan "kita kerja untuk rakyat," seperti Nenas Paniai manisnya luar biasa yang  sudah rasahkan. Buah nenas, buah kesayangan buat petani Nenas, selamat menikmati hasil budidaya petani Nenas dari  kampung  Wiyogei. Tidak banta sosok pemimpin visioner Capten  Pilot Meki Nawipa Bupati Paniai.

 

Kesimpulan

 

Daerah  Paniai  tersimpang  banyak  potensi, sehingga program  kerja  Bupati Paniai  Meki  Nawipa  yang  menetapkan  dan sedang menjalangkan  program  produktifnya, mau  tidak  mau, suka  dan  tidak  suka, marilah  kita  sebagai  anak  Negeri  Paniai memberikan  mendukung positif  serta  evaluasi  bersama agar daerah  kita  Paniai maju  dan  bersaing  dengan  daerah  lain Di Dunia. 

 

Sementara, program  Kopi, Budidaya  Ikan, budidaya  Nenas dan  Sebagainya  yang  lagi  berjalan, sedangkan  persoalan  sosial  yang ada didepan  mata kita  menjadi  tugas kita  bersama sebagai  anak  Negeri  Paniai.  Tidak  mungkin  sekali  orang  luar yang datang  mengatur, memgurus  untuk  menjaga, melindungi, merawat didaerah  kita  Paniai,  kecuali  anak  negeri  yang bisa  mengatur semuanya  agar  memiliki rasa   bahwa  Paniai  adalah  saya  dan  saya  adalah  Paniai  di masa  depan. 

 

Saya  anak  negeri  Paniai yang  menuliskan  tulisan  ini  tidak  ada  maksud  lain,  hanya  karena  kepudulian  daerah  Paniai dan  potensinya SDA. Sementra  Semua SDA Di Paniai  diambil  secara  tidak  hormat  oleh  pihak yang  tidak  bertanggung  jawab  (Amber). Upaya perpihakan dan  pemberdayan kepada  rakyat  kita  agar  berjalan lancar, maka  kita berfikir  yang  kritis dan  positif untuk  memberikan  pandangan  yang  positif  kepada  pihak  Pemerintahan yang  sedang  pimpin untuk  mencapai  visinya, agar  memulai  dari  Paniai  dan  mengakhiri juga  dari  Paniai.

Salam dari UMAGIMEE (*)

#Pemerintahan

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait