Bupati Paniai Hadir, Pastor Tanto  PKJK Meresmikan Gedung Pastoran dan Situs Rohani 

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

1 Tahun yang lalu
ROHANI

Tentang Penulis
Depan gereja katolik kristus jaya komopa yang sedang membangun/ Yudas Nawipa/KM

 

PANIAI ,KABARMAPEGAA.COM--- Presmian rumah pastoran dan situs rohani lainnya goa maria Dororosa, papan nama perhentian jalan salib, Paroki Kristus Jaya Komopa (PKJK) di resmikan pastor paroki Komopa  Floridus Yosep Tanto Pr, yang disaksikan bupati Paniai Meky Nawipa dan rombongannya serta Pastor Paroki Titigi  Yance Yanuarius  Yogi. Pr  dan umat katolik dekenat Kab Paniai Papua, Komopa selasa (29/10/2019).

Dalam sambutan bupati Paniai Meky Nawipa mengatakan "yuu waitaa" nyanian dan tarian adalah budaya suku Mee untuk memuji dan menghormati Tuhan dan alam leluhur dalam menyelesaikan suatu persoalan/pembangunan,mari kita memeriahkan acara ini dengan yuu  waitaa bersama umat Tuhan.

Umat Tuhan Paroki Kristus Jaya Komopa dengan semangat membangun rasa hormat Kepada Tuhan dan semangat Jiwa raga akan manusia dan daerah kita sendiri.

Saya dengar pastor paroki Tanto pindah ke Timika,  Saya tidak izinkan pastor berpindah pergi meninggalkan komopa. Pastor tetapi disini sebagai pastor paroki PKJK, tegas bupati Meky.

Pastor Floridus Yosep Tanto Pr, berpesan kepada Umat PKJK  harus berdoa dan meminta pertolongan kepada Tuhan dengan penuh hati  dan umat harus menguatkan iman untuk membangun pembangunan gereja PKJK.

saya meminta maaf yang sebesar besarnya kepada umat saya paroki ini, dan kepada pihak pemerintah Kab Paniai dan agama atas kesalahan kata tindahka dan perbuatan saya selama ini.

Kami sudah membangun rumah pastoran 2 lantai dan 53 kamar, Goa Maria Dan Papan nama perjalanan  Perhentian Yesus dan saya sudah resmikan hari ini. Pembangunan gereja selanjutnya saya doakan semoga semua lancar  pembangunannya.

 Dengan rasa sedih tanggaL 31 oktober 2019 saya akan meninggalkan umat paroki PKJK untuk berpindah ke Timika. Saya tidak meninggalkan umat membangun sendiri, saya akan pantau dalam doa dan dimediasikan, tutup Tanto.

dewan Paroki, PKJK Merpis Kadepa, mengatakan kami sangat bangga dan apresia atas kehadiran pastor Tanto pada (2009-2019) karena pastor telah membangun rumah pastoran goa Maria dan kami merasa berubah. 

Presmian pastoran umat Paroki Komopa dan Pastor Paroki meresmikan rumah pastor dan Situs Rohani, Misa Krisma pelantikan Dewan Paroki dan Alas Tikar pembangunan Gereja sudah selesai. tutupnya

Pastor Paroki Titigi Yanuarius Yogi. Pr menyatakan dan menyembutkan rasa hormat dan bangga atas bangunan yang telah resmikan. 

selanjutnya bangunan gereja Paroki Kristus Jaya Komopa, Yanuarius menyumbangkan dana sebesar Rp 20.000.00 (dua puluh juta)  dan sepuluh juta atas nama pemerinta Intan Jaya.

Tempat pastoran ini adalah tempat misi kudus dan suci sehingga milik hak ulayat tanah segera bebaskan tanah ini untuk membangun dan mewartakan kabar suci.

Dengan disaksikan sebagai Kedua Marga Yogi dan Muyapa (Donatus Yogi, finsensius Yogi. Stepanus Yogi. selpia Muyapa, Nopi yogi. Marten Yogi. Natalis Muyapa, Marga Muyapa, kepala desa, Yenoaris Muyapa) yang ada di komopa menyerahkan Hak Ulat tanah ini milik misi. 

Yang menyerakan Surat  Pastor Paroki Ditimika, pastor Marten Kuaiyo. Pr  Panitia Pembangun Penyerahan hak ulayat tanah Lokasih gereja komopa beberapa hektar, hari ini sah sudah milik misi Gereja Paroki Kristus Jaya Komopa.

Selanjutnya, kami akan bangun gereja PKJK sehingga kami membutukan bantuan dari pemeritah, Toko agama, kepala desa, kepala distrik, dan bupati dan wakil Bupati. Tutupnya.

 

Pewarta  : Yudas A Nawipa/KM)

#Gereja

Baca Juga, Artikel Terkait