Ciptakan Empat Kondisi, KSEJ Door To Door

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Admin Redaksi Kabar Mapegaa Online
Keterangan Foto : Sosialisasi empat jari Kepada Mahasiswa/I di salah satu hotel ternama di Kota Jayapura. (Foto: KM)

 

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com - Sebagai sebuah forum terbuka dan mandiri, Komunitas Salam Empat Jari (KSEJ) dengan Airlangga Hartarto sebagai inspirator dari komunitas ini, menawarkan isu populer, yang memfokuskan kegiatannya dalam penciptaan empat kondisi.  Pertama penciptaan lapangan kerja. Kedua, sembako murah. Ketiga, penyediaan rumah murah dengan akses terjangkau. Dan keempat penerapan teknologi tinggi untuk kesejahteraan. Empat isu itu yang menjadi landasan dideklasikan komunitas ini pada  April 2018 lalu.

 

Untuk mendukung dan menyebarluaskan empat kondisi yang ingin di capai itu, komunitas salam empat jari, bergerak dengan Melaunching 5.000 relawan Door To Door atau kampanye dari rumah ke rumah di sembilang provinsi dari Papua hingga sumatera utara, dengan menyasar segmen Wong cilik yang sangat sensitif dengan isu-isu ekonomi.

 

Juru bicara (Jubir) Anict HT menyebutkan, kehadiran komunitas ini adalah embun segat untuk Indonesia. Komunitas ini hendak meneguhkan kembali masalah-masalah krusial yang dihadapi negeri ini, yaitu persoalan ekonomi.

 

“Kebutuhan masyarakat adalah peningkatan ekonomi mereka kok, tapi tidak banyak yang fokus untuk membenahi masalah ini. Kebanyakan hanya sibuk menguatkan sentimen identitas priomordial dan agama saja. Tentu hanya untuk kepentingan politik mereka. Sedangkan kebutuhan sesungguhnya masyarakat terabaikan, karena itu komunitas salam empat jari ini hadir,” katanya Kepada Wartawan  Usai mensosialisakan empat jari di salah satu hotel ternama di Jayapura kota, Jumat (1/6).

 

Kata dia, kegiatan door to door ini disambut baik dan positif oleh para mahasiswa yang sebagian besar menjadi relawan door to door ini. Dan mereka pun sangat mengapresiasi kegiatan ini.

 

Komunitas salam empat Jari saat ini mengepung Provinsi papua di bulan Ramadhan ini. Empat program andalan sudah dsosialisasikan secara door to door atau kampanye dari rumah ke rumah, menyasar hampir separu dari daerah yang berada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika.

 

“Untuk tahap awal ini menurut Ridwan, ada empat atribut sosialisasi yang mereka sosialisasikan, yaitu kalender 2018-2019, Flyers ajakan dukungan terhadap program Salam 4 Jari, Flyers Profil sosok inspirator dari gerakan ini yaitu Airlangga Hartarto dan Stiker identifikasi,” katanya.

 

Menurutnya, dalam enam hari bejalan, program ini sudah disambut positif oleh warga. Karena memonitori pergerakan relawan dengan aplikasi yang tersedia ecara realtime dilihat pergerakan opini masyarakat. Dan mensyukuri, sambutan masyarakat sangat baik terhadap program ini.

 

Roberh yang juga sebagai Tim relawan Door to Door Wilayah Papua, menyampaikan, kegiatan ini selaras dengan cita-cita komunitas  sebagai mahasiswa yang punya idealisme dan kecintaan terhadap negeri, kesesuain isu dan gagasan ini yang membuat teman-teman sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini.

 

 “kami sangat berharap kegiatan ini akan terus berlanjut khususnya program penciptaan lapangan pekerja, karena ini sangat dibutuhkan generasi muda kedepan,” ujarnya.

 

Pewarta    : Alexander Gobai

#Budaya

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait