Demi Kemanusiaan Bebaskan Victor Yeimo Tanpa Syarat

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

1 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Kondisi Viktor Yeimo, Jubir KNPB Internasional, sakit parah di Rutan Mako Brimob Jayapura Papua.

 

 

Oleh: Eki Gobai*)

 

Opini, KABARMAPEGAA.com--Penangkapan Victor Yeimo, Jubir KNPB Internasional dan Jubir PRP duganya tidak masuk akal. Kasus penangkapan Viktor diduga kerusuhan pada 29 Agustus 2019. Demo rasisme dilaksanakan di depan Kantor gubernur dilaksanakan dengan aman, tidak ada kerusuhan. Kasus rasis sudah 7 aktivis Papua divonis di Kalimatan Timur. Mereka sudah diadili sebagai pelaku makar dalam  peristiwa unjuk rasa anti rasisme.

 

Alasan penangkan Victor Yeimo karena rasis adalah sangat keliru. Karena sudah 7 aktivis Papua: Buchtar Tabuni, Alexander Gobai, Agus Kosay, Steven Itlay, Feri Kombo dan dkk. Mereka sudah diproses hukum sudah final. Untuk itu, Victor Yemo tentang kasus rasis jelasanya tidak ada kasus sehingga keadaan pihak Mako Brimob segara dibebaskan  dari tahanan.

 

Demi keselamatan hukum dan nama baik Negara Republik Indonesia, Jangan ungkit  masalah rasisme, karena masalah rasisme sudah selesai pada tahun 2019. Negara Indonesia  stop ciptakan masalah dan tentang Victor Yeimo secara humanis dan penegak hukum diselesaikan dengan cara komprenship. Jangan ada sikmanisasi atau melabelkan Viktor Yeimo sebagai aktor kerusuhan di tanah Papua hanya karena demo rasisi pada 2019.

 

Foto yang beredar di media social (MEDSOS), Direktur LBH Papua, Emanuel Gobai, SH.MH didampingi Viktor Yeimo dengan melihat kondisi tubuh" Victor Yeimo" sudah menurun di Mako Brimob Abepura Kota Jayapura. Kesehatan Victor Yeimo sangat prihatinkan, kondisinya tidak stabil seperti semula.

 

Tindakan oleh negara Indonesia melalui  Aparat di Mako Brimob tidak ada nilai kemanusiaan. Jikalau ada nuraninya dan menjamin dan  melindungi kemanusian serta keamanan di Republik Indonesia ini, pentingnya melihat kondisi kesehatan Victor Yeimo" yang lagi parah dibawa tahanan yang tidak hirup udaranya.

 

Setiap manusia di muka bumi ini, diciptakan oleh maha pencipta untuk hidup dan beraktivitas diatas tanah ini. Hak dan kewajiban bawa Victor Yeimo berhak dan beraktivitas secara bebas untuk menghirup udara segar demi keselamatannya. Maka dengan itu, Negara ini namanya Demokrasi dan hukum, untuk demi keselamatan hukum dan demokrasi negara pentingnya di terapkan sesusi dengan sederajat hak hidup dan hak beraktivitas.

 

Harapan bahwa penegak hukum dan petinggi Negara Presiden Jokowi  segara intruksikan kepada polda Papua, Paulus Waterpau untuk segera bebaskan Victor Yeimo dengan melihatnya kondisi kesehatan yang sangat parah di tahanan Mako Brimob yang tersiksa ini.

 

Satu cara untuk selamatkan kondisi Victor Yeimo yaitu bebaskan Victor Yeimo dari Rutan Mako Brimob Papua. Saya bersama rakyat Papua dan rakyat Indonesia peduli kemanusian di Negara Indonesia mendesak untuk "Segera Bebaskan Victor Yeimo"dari Makobrimob Jayapura, Papua tanpa syarat adalah solusi untuk menjawab Kemanusian di Negeri Ini.*

 

Penulis adalah: Aktivis kemanusiaan di Papua

#Pemerintahan

#Mahasiswa dan Pemuda

#Politik

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait