Diminta Adili Masyarakat Pegubing

Cinque Terre
Alexander Gobai

3 Bulan yang lalu
POLITIK DAN PEMERINTAH

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com – Anggota  Majelis Rakyat Papua (MRP)  Utusan dari  Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo, Engelbertus Kasipmabin meminta kepada Bupati Pegunungan Bintang (Pegubing), Constan Oktemka, jika berencana menggugat dan mengadili masyarakat Pegubing pada peristiwa pembakaran rumah pribadi dan mencemarkan nama baiknya tertanggal 12 April 2018 lalu. Maka, Bupati harus mengadili semua masyarakat Pegubing, tidak satu atau dua orang.

 

“Kalau beliau (Bupati Pegubin - Red) berencana menggugat dan mengadili masyarakat di pengadilan. Maka, harus melibatkan masyarakat Pegubin. Karena, peritiwa 12 April 2018 lalu, keterlibatan  34 Distrik,  Masyarakat, Pegawai Negeri, Pemuda, dan Mahasiswa yang terlibat dalam peristiwa itu. Bukan perwakilan atau satu dua orang,” kata Kasipmabin Kepada kabarmapegaa.com di Abepura, Jumat (4/5).

 

Menurutnya, gugutan bupati pegubin dan melibatkan pengacaraa hukum untuk mengadili warga pegubin yang dituliskan dalam jumpa pers tertanggal 28 April 2018 di Kota Jayapura adalah wajar-wajar saja. Namun, rencana gugatan dan akan diadili di pengadilan harus melibatkan semua masyarakat Pegubin.

 

“Ini masalah hukum. Jika benar, ingin bicara melalui hukum. Maka, melibatkan semua masyarakat pegubin,” ujarnya.

 

Peristwa pembakaran rumah dan aksi lainnya adalah wajar. Karena yang dilakukan masyarakat adalah kelebihan dan kesalahan tindakannya terhadap mata dan hati masyarakat.

 

“Saya berharap, jika benar ingin mengadili masyarakat Pegubing, harus menggugat semua masyarakat Pegubin. Tidak satu atu dua orang,” katanya.

 

Pewarta     : Alexander Goba

#Budaya

Baca Juga, Artikel Terkait